Tips Ngetik Buta 10 Jari

Udah bisa ngetik buta 10 jari belum? Mengetik buta, maksudnya ngetik pake 10 jari tanpa melihat ke keyboard sama sekali! Orang yang udah expert ngetik kayak gitu, baginya kebot adalah medium untuk memvisualisasikan langsung apa yang dipikirkannya saat itu ke monitor. Jadi, urusan ngetik bagi dia adalah kerjaan jari-jarinya aja, sedang orangnya hanya memikirkan apa yang ingin dia ketik saat itu juga langsung terketik di layar kompie. Enak kan?

Bagi kebanyakan orang, biasanya urusan ngetik buta nggak terlalu mereka peduliin. Karena mereka mungkin berpikir yang penting bisa ngetik tuts kebot gitu aja udah cukup, nggak peduli kek cepet atau nggaknya? Tapi, kamu tau nggak? Anak lulusan SD di amrik udah bisa ngetik tanpa melihat kebot bahkan ngetiknya cepet banget! Karena mereka udah diajarin secara intensif oleh guru di skul, plus belajarnya sering dimaksimalin di rumah. Bagi mereka ngetik buta bukanlah hal yang aneh, malah udah biasa. Tapi bagi kita, ngetik buta merupakan hal yang luar biasa dan bisa memberi nilai plus bagi diri sendiri di mata orang lain.Nah, buat kamu yang ingin bisa ngetik pake 10 jari tanpa melihat kebot, berdasarkan pengalaman belajar otodidak yang aku alami sampe bisa ngetik seperti yang aku ceritain diatas. Kali ini aku mau ngasih tips-tips yang Insya Allah bisa bermanfaat buat kamu. Follow my tips below…

  1. Jangan melihat kebot ketika mengetik
    Hal dasar yang harus dipegang oleh setiap Blind Typist adalah belajar mengetik tanpa melihat kebot. Kalo kamu baru pertama kalinya belajar ngetik buta, cobalah setiap kali mengetik inget-inget posisi tuts huruf yang kamu ketik. Nggak harus langsung diapalin semuanya, satu persatu aja. Kalo kamu bisa ngapalin letak tuts ponsel dengan gampang, kebot juga nggak jauh beda.
  2. Usahakan selalu meletakkan jari-jari kamu dengan benar
    Setelah mengetik satu, dua kata atau lebih, pastikan dan biasakan posisi jari-jari kamu berada diatas tuts yang bener. Dalam hal ini, taruh kedua telunjuk tangan kiri kanan kamu diatas tuts F dan J ketika mengetik.
  3. Ngetik memakai jari yang sesuai
    Setiap kebot (qwerty) memiliki letak tuts-tuts yang disesuaikan dengan jari tangan manusia. Jadi, jari-jari tangan kamu tuh punya tugasnya masing-masing. Aku kasih contoh tugas “reguler” untuk jari-jari kamu dibawah ini :

    • Jempol kanan atau kiri untuk tuts Spacebar (spasi), bisa bergantian sesuai selera kamu.
    • Telunjuk kiri untuk tuts huruf F, R, T, C, V dan B.
    • Telunjuk kanan untuk tuts huruf J, U, Y, N, M dan B.
      (Huruf B bisa diketik oleh telunjuk kanan atau kiri tergantung apa kamu kidal atau kadal? :D )
    • Jari tengah kiri untuk tuts huruf E dan D.
    • Jari tengah kanan untuk tuts huruf I, K dan tanda koma ( , ).
    • Jari manis kiri untuk tuts huruf W, S dan X.
    • Jari manis kanan untuk tuts huruf O, L dan tanda titik ( . ).
    • Jari kelingking kiri untuk tuts huruf Q, A dan Z.
    • Jari kelingking kanan untuk tuts huruf P, titik dua ( : ), slash atau garis miring ( / ) dan tanda tanya ( ? ).

    Biasakan jari-jari kamu untuk mengetik tuts kebot sesuai dengan tugasnya masing-masing :)

  4. Hidupkan jari-jari kamu yang “mati”
    Kendala yang pertama kali aku hadepin ketika belajar ngetik adalah jari-jariku yang lain seperti jari tengah, jari manis dan kelingking nggak bisa digerakkan sama sekali alias “mati” kalo lagi ngetik. Bahkan ngetiknya tuh nggak seimbang, di tangan kiri yang ngetik cuma telunjuk sama jari tengah aja sedangkan di tangan kanan kedua jari tersebut dipake dan satunya lagi pake jari manis, itupun kadang-kadang. Mungkin kamu juga ngalamin hal yang sama. Nah, yang harus kamu lakukan adalah HIDUPKAN jari-jari yang mati itu. Coba deh digerakkan, walaupun susahnya minta ampun, kalo berhasil hidup dan terbiasa, percayalah itu adalah kendala terberat yang harus dilewati oleh pemula.
  5. Fokus pada apa yang ingin kamu ketik
    Arahkan pikiran kamu pada apa yang ingin kamu ketik. Jadi, pandangan kamu ketika ngetik harus melihat ke layar kompie atau lihat blinking kursornya dan FOKUS! Inget, jangan melihat atau ngintip keyboard! Ngintip sekali-kali boleh, tapi jangan keseringan.
  6. Ngetik dengan hemat dan efisien
    Ketika ngetik jangan nge-sok cepet atau sok lancar laa.., ngetik aja dengan santai jangan terburu-buru. Usahain efektifkan keakuratan ketikan kamu, jangan sampe ada yang salah ketik. Biarkan ketikan kamu mengalir apa adanya, walaupun lemot no problemo! Semakin lambat dan akurat ketikan kamu ketika belajar, semakin cepat ketangkasan ngetik kamu meningkat! Dijamin…!!

Aku belajar ngetik tiap hari secara otodidak sampe bisa expert kayak gini tuh memakan waktu dua bulan lebih. Selama belajar itu aku sempet down 2 minggu, malah aku pernah kepikiran nggak mau belajar-belajar ngetik lagi, soalnya belajar sendiri tanpa pembimbing itu susaaah banget! Beneran deh!

Tapi, ketika semanget juang belajarku on fire lagi akhirnya aku bisa ngetik buta pake 10 jari tanpa melihat! Bangga gitu loh, hehe… Sekalian aku mo numpang narsis nih, dibawah ini kamu bisa lihat typing test result dari program TypingMaster v6.30 (versi demo) yang aku jalanin kemaren pagi.

Typing Test Result

Hasil test ngetik yang aku lakukan sambil ngedengerin lagu dengan situasi berisik! ;)

Disitu kamu bisa lihat Gross Speed alias kecepatan kotor ngetikku sampe 63 WPM (Word Per Minute), keakuratan ngetik 99% dan Net Speed alias kecepatan bersihnya 62 WPM. Trus, ada Gross Hits/Net Hits - jumlah ketikan kotor dan bersih sampe 1566/1556 tuts, kemudian salah ngetik kata ada 2. Total hit salah ketiknya ada 10, mungkin itu karena aku pijit tombol backspace 8 atau 10 kali ya? Nggak tau deh? Lupa. Semua itu aku hasilkan melalui test yang bernama Netiquette (ketikan Bahasa Inggris, bro!) dengan durasi 5 menit.

Waw… keren…!!! Hehehe… :D

41 responses to “Tips Ngetik Buta 10 Jari

  1. belajar ngetik 10 jari ah…
    ngetik komeng ini jadi lama banget…
    5 menit cuma ngomeng gini. ihihihiii…

  2. yahaa.. :lol:

    itu sih tergantung kecepatan mikirnya…

    hehe…

    *saya aslinya telmi… ;)*

  3. emang ngetik 10 jari tuch susah bungeeeetttt….sampe2 aku krng lbh 1 thn bljr blum jg bs lncar smua..hnya tertentu…jg yg lncr cm hrf-hrf,tp klo dah smp angka yaaaaaaaaaa aku msh lht gtu…tp perlu dicoba lg.krn mengetik dgn 10 jari kt dpt memprcpt tgas atau krjaan kt…heeee

  4. Yaa..
    Makanya jangan pernah berhenti berjuang untuk menaklukan kebod, rom..
    Masa kalah sama adik saya yang duduk di kelas 2 SMP, dia udah buta loh ngetik kebodna..
    Hee.. :mrgreen:

  5. wah, makasih atas tips nya,aku ngetik pake 11 jari ( telunjuk kanan dan kiri aja ) tapi malah lama banget :P

  6. skrg ini gw lagi bljr ngetik….with 10 jari

    Makanya gw cari- car tipsnya… spy gw bisa ngetik 10 jari
    khan… klo udah bisa, jadi bangga plus jadi suatu skill

    setelah gw baca prosess belajarnya blogie, gw jadi tambah semangat…
    pokoknya gw hrs berjuang, gw hrs bisa…. kata Napoleon Bonaparte
    “tidak ada kata tidak bisa” yang penting kita punya kemauan, ya.. ngak!!

  7. dulu waktu SMP diajarin tuh ngetik pake mesin tik 10 jari… tapi sekrang udah lupa caranya. yang penting mah bisa ngetik cepet aja, masalah 10 jari kek, 11 jari kek atau 22 jari kek itu urusan belakangan…ehehehe

    salam kenal

  8. aq mau belajar nih
    ni aja aq ngetiknya nyoba pake 10jari lho tp msh ngintip2 :D

  9. wah ane juga lagi belajar ngetik 10 jari nih…..
    tapi ane msh bingung kalo nulis angka jari2nya gmn?

  10. Thx ya. Wah jadi smangat ne…

  11. Trims atas tipnya, sekarang aku mo belajar ngetik pakai 10 jari

  12. wewwwwwww…….cpet bener broo,,,,ada juga prmainan biar bisa ngetik 10 jari,,,namanya TYPER SHARK DELUXE.
    LUMAYAN MEMBANTU bagi yang membutuhkan…….btw thx triknya….

  13. akan aku coba deh tipnya bagus banget,thank ya

  14. tank’s ya atas tipsnya bagus bgt duehh

  15. wahhhhhhhh gak taulah nanti coba dulu sapa tau bisa….
    he…he…he…

  16. Wah bagus banget nih.

  17. WAH SUULIT BANGET BOS

  18. tlg kasih tau dong, untuk tombol yang lain jari apa aja. trimssssssss……….

  19. Wah.. jadi termotivasi nih. Selama ini kalo ngetik nunduk melulu… :SHY:

  20. wah saya pake 11 jari malah :P,,
    saya jarang-jarang lihat keyboard (apalagi pas keburu, lgsg liat layar) tapi masih sering, tp uda hapal semua letak2 alphabetnya, kalok pengen gg liat keybord apa harus belajar yah? ato cuma dari kebiasaan? salam kenal

  21. aq pengen banget bisa ngetik 1 detik 100 kata,soalnya aq ingin kerja di perusahaan selular.doain aq ya…….?makasih tipnya,I LOVE YOU FULL.

  22. thanks bgt yah

  23. OI…..BANTUIN ANE DONG, CR NGE DONWLOAD TYPING MASTER GIMANA SEH…!!

  24. OI…..BANTUIN ANE DONG, CR NGE DONWLOAD TYPING MASTER GIMANA SEH…!! HELP ME PLEASE

  25. waduh jari manis ku ke 2-2′a susah digerakin

  26. wuuiiiihhh susah bgt!!!! ni jari pada kmana mana ngetiknyaa!!!
    tapi gpp deh, mu di cobba dlo yaaaa thx info nyaa

  27. wah,,,saya ga biasa ngetik 10 jari tapi saya biasa ngetik 11 jari alias telunjuk kanan ma kiri bila d satuin kan mirip angka 11,,,,!!!!hihihihi

  28. aduh susah banget ngetik nya ,,,
    coba dili aih\
    salam kenal dan ternimaksn ngerik 10 jari na… hahaha sussah brooooo

  29. mau nda diimprove ngetik 10 jarinya hingga dapat mencapai 100 wpm lebih per menit?
    saksinya saya sudah buktikan sendiri, ini hasil test saya di typingtest.net:
    http://www.typingtest.com/testdone.jsp?acc=96&nwpm=95&gwpm=98&ncpm=476&gcpm=493&dur=180&time=180&chksum=45709&unit=wpm&kh=41&td=&err=10&hits=1479

    ga nyampe 100 sih, tadi sempet nyampe lebih dari 100, yah rata-rata segitu lah, pengen tahu rahasianya?Tanya saja ke email saya, thank you ^^ semoga ngetiknya tambah cepat dan jaya yach hehe…

  30. kalo aq agak nemen, ga pny kompie, ya bljr di warnet baru 2 mgu ini n warnetx pun pake deepfreeze ga bs diinstal apa2, itupun sehari aq cuma pny wkt max 1 jam, coz tongpes wkwkwk, ya tp lumayanlah bs ngetik tanpa ngliat keyboard tp speednya kyk keong, btw thx bgt buat tips nya tak save pagenya di hp q. U bener yg penting tuh lambat tapi akurat, aq jg sering pengennya keburu aja, thx lg bwt tipsnya, siap dipraktekin

  31. Ping-balik: XLangkah Lebih Maju | BLOGIE

  32. thank y ….atas tips2x..
    aq dh bisa ngetik 10 jari tanpa liat keyboard….

  33. thank you bro buat tips nyo :D

  34. I absolutely love your blog.. Great colors & theme.
    Did you build this website yourself? Please reply back as I’m trying to create my own personal website and would love to know where you got this from or what the theme is named. Thanks!

  35. First of all I want to say terrific blog! I had a quick question that I’d like to ask if you do not mind. I was curious to know how you center yourself and clear your mind prior to writing. I have had a tough time clearing my thoughts in getting my thoughts out. I truly do enjoy writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes are usually wasted just trying to figure out how to begin. Any suggestions or hints? Many thanks!

  36. Having read this I believed it was extremely enlightening.
    I appreciate you spending some time and energy to put this informative article together.
    I once again find myself personally spending a significant amount of time both reading and posting comments.
    But so what, it was still worth it!

  37. It’s actually a cool and helpful piece of info. I’m satisfied that you shared
    this useful info with us. Please stay us up to date like this.
    Thank you for sharing.

  38. Whats up very nice blog!! Guy .. Beautiful .. Superb .

    . I will bookmark your site and take the feeds additionally?
    I am happy to seek out a lot of helpful information right here within the publish, we’d like work out extra strategies in this regard, thank you for sharing. . . . . .

Tinggalkan Balasan

