Misteri Mona Lisa Terkuak

Baru-baru ini akademisi Jerman percaya mereka telah memecahkan misteri besar tentang identitas wanita yang terpajang selama berabad-abad lalu pada lukisan minyak di atas kayu poplar, yang dibuat oleh seorang masterpiece pelukis renaisans Italiano, Leonardo Da Vinci pada abad ke-16.

Para ahli sejarah dari dulu selalu menduga-duga bahwa Mona Lisa adalah seorang kekasih Da Vinci, ibunya, atau wajah lain dari pelukis yang lahir pada 15 April 1452 di kota Vinci, Firenze dan wafat pada 2 Mei 1519 di Clos Luce, Prancis. Adapula mitos yang menyatakan Mona Lisa adalah gambaran sosok Lisa Gherardini, istri bangsawan dari Firenze, bernama Florence Francesco del Giocondo.

Hmmm… Siapakah sebenarnya wanita dengan senyum misterius dalam lukisan Mona Lisa itu? :-?

Mona Lisa dikenal juga dengan julukan La Gioconda. Mona dalam bahasa Itali adalah singkatan untuk “madonna” artinya “nyonya”. Di Itali, judul lukisan biasanya ditulis sebagai Monna Lisa (pake n ganda). Lalu kata La Gioconda adalah bentuk feminin dari Giocondo, kata Giocondo artinya “riang” dan La Gioconda berarti “wanita riang”. Kemudian dapat disimpulkan bahwa makna dari nama wanita ini adalah Nyonya Lisa Wanita Periang.

Judul lukisan Mona Lisa berasal dari biografi Giorgio Vasari tentang Leonardo Da Vinci, yang dirilis 31 tahun setelah legenda itu meninggal dunia. Pada buku itu disebutkan wanita dalam lukisan Da Vinci adalah Lisa Gherardini, istri seorang pengusaha kaya raya Firenze yang bernama Francesco del Giocondo.

Para ahli di Universitas Heidelberg, Jerman, meyakinkan, menurut riset pustaka abad 16, dengan bukti sebuah catatan di buku terbitan oktober 1503, sosok itu memang Lisa Gherardini atau Lisa del Giocondo. Catatan yang ditemukan di manuskrip tua itu dibuat oleh seorang pejabat kota Florence, Agostino Vespucci.

Salah satu bagian catatan itu memaparkan komentar yang membandingkan Leonardo dengan seniman Yunani kuno, Apelles. Dan si penulis mengatakan Da Vinci mengerjakan tiga lukisan potret, salah satunya potret Lisa del Giocondo. Catatan yang dipecahkan oleh pakar Universitas Heidelberg itu sebenarnya sudah ditemukan dua tahun lalu oleh Schlecter, pakar manuskrip di Universitas tersebut. Namun butuh waktu yang lumayan lama bagi mereka untuk meyakinkan bahwa itulah bukti yang akan memecahkan misteri Mona Lisa.

Akhirnya, misteri Mona Lisa pun terkuak juga setelah berabad-abad nampang di atas kanvas dan tidak ada alasan lagi untuk keraguan bahwa wanita itu adalah perempuan lain, selain Lisa del Giocondo.

Kini, nama Mona Lisa dan La Gioconda atau La Joconde (di Prancis) tetap abadi untuk selamanya sejak abad ke-19 diterima secara luas oleh masyarakat dunia. Sebelumnya, lukisan ini disebut dengan nama “Wanita dari Firenze” atau “Seorang wanita bangsawan berkerudung tipis”. Lukisan Mona Lisa saat ini masih terpajang di Museum Louvre, Paris. Dia sudah dikunjungi jutaan orang dan menjadi koleksi museum paling banyak dilihat.


Museum Louvre nan megah dengan piramid yang dikelilingi air mancur

Well, Case Closed!

*memukul palu tiga kali :mrgreen: *

sumber : Reuters

About these ads

51 responses to “Misteri Mona Lisa Terkuak

  1. “Hmmm… Siapakah sebenarnya wanita dengan senyum misterius dalam lukisan Mona Lisa itu?”

    Yg pasti bukan saya kok. :mrgreen:

    salam kenal.

  2. alah narsis kumat kek!

    weheheh…

    salam kenal juga, ina :)

    *jabat tangan erat*

  3. istri seorang pengusaha kaya raya Firenze yang bernama Francesco del Giocondo.

    Ini yg penting…

  4. tull..
    :D

    dit, da ditaro lom link saiah?

    *sedang getol ngeblog*
    :mrgreen:

  5. Udah… tuh liat ajah…

  6. bukan saya juga loh..
    knapa ga tanya sama mona ratuliu,, barangkali sodaraan.. :mrgreen:

  7. Oo… begitu ceritanya.
    Baru tahu!

  8. Kalo di Italia, ada Mona Lisa yg merupakan lukisan terkenal. Kalo di Indonesia, ada Nona Lisa yg merupakan lagu terkenal era 80-an ( dinyanyikan alm. Chrisye ).

    Lisa oh… Lisa, betapa cantiknya ;)

    * Yg namanya Lisa, jangan GR ya! mode ON *

  9. #Praditya
    Hatur tenkyu, dit! :D

    #raddtuww tebbu :mrgreen: ehehe.. sampean tanyain aja sendiri yah ama mona ratuliu? :lol:

    #Edi Psw
    berarti mas baru dapat ilmu ;)

    #devry
    waaa.. blum tau tuh?? mana lukisannyah??

  10. oh, bukan cowo yah ?? soalnya pernah denger jugak klo mona lisa di lukisan itu tuh cowo… ehehhee… :mrgreen:

  11. monalisa tuh bukannya leonardo da vinci versi cewe yaa??
    hoho..
    btw,,salam kenal yaa :)

  12. Owh geto, jd nyang katanya ntu wajahny da vinci sendiri salah?
    Lam kenal yax

  13. #nieznaniez & #dheend
    dari dulu memang banyak juga ahli sejarah yang menganggap mona lisa tuh si Da Vinci sendiri…

    but, now you’re know the fact ;)

    salam kenal juga, dheend.. ;)
    *salaman*

    #maxbreaker
    betul.

    lam kenal jugax.. :D
    *salaman lagi :mrgreen*

  14. Andrew Anandhika Wijaya

    kok saya ngeliatnya tuh cewe nggak ada riang-riangnya yak..??? :?

  15. begitulah seni lukis da vinci…
    ;)

  16. trus,,
    makna dari lukisan na pa dunk??
    mizteriez bangged c!

  17. kalo maknanya…

    hmm… saya lupa, neng..
    :lol:

    soalnya saya pernah baca artikel tentang makna senyum Mona Lisa, tapi skg dahlupa deh..

    hehe… :D

    maap tak bisa menjawab

  18. trus kalo dah ditemukan siapa yang dilukis trus gimana………….(repot2 amat cari siapa yang dilukis kayak ga da kerjaan)

  19. Yang penting dari semua itu adalah keindahan,maupun itu misteri,ibu-ibu,gadis feminim.

    yang penting aku suka lukisan itu. . .

    mo siapa aja yang lukis tetap saya suka dia

  20. Andreas Dwi rizko Nugroho

    ternyata misteri lukisan mona Lisa dan lukisan2 lain karya Leonardo Da Vinci benar-benar ada!gambar museum Louvre juga nyata.museum itu pernah masuk dalam film The Da Vinci Code. di dalamnya berisi piramida kecil yang diatasnya juga terdapat piramida terbalik yang lebih besar. menurut film the da vinci code.hal itu menandakan alat reproduksi pria dan wanita yang sebenarnya merupakan misteri dari cawan suci pada lukisan “the last supper” karya leonardo Da vinci.pertama kali gw kaget dengar misteri itu, tapi lama2 gw jadi yakin klo misteri itu benar2 terungkap.by:rizko

  21. mank sebegitu menarikkah lukisan itu?perasaan biasa aja deh,gak mystery bgt..^_*

  22. Ping-balik:   Mengapa Mona Lisa (?) by Divusi | IT Satisfaction Provider

  23. Lho aku udah pernah ke museum itu tapi kok ngga ngeliat monalisanya?
    Diumpetin Gie kalee!!!!!!!!!!

  24. Eh..eh.. masa nggak liat?
    Coba teliti lagi deh, nama lukisannya bukan Monalisa tappii…

    Monacitra,,

    Masa nggak keliatan??
    kwkwkwkwkwkw… :mrgreen:

  25. lisa dwi mas`udah

    Alhamdulillah………ternyata namaq terkenal yach!!!pe di prancis lagi,,,,
    Wu…pokoknya hrs banggain diri nih punya nama yg dikenal dunia.

  26. ada yang bilang monalisa gambar laki2 trus pacarnya davinci gtu dech jadi davinci teh homrengssssssssss

  27. Q….bINgUnG gImAnA cIeH sEjArAhNyA moNaLiSa,,
    DaN SEnYuMaN yaNg bIkIeN gRegEtAn DjE…..
    KaTaNYe cIeH,,mAtAnYa BiSa BergEraK

    Ih GuE tAmBh teRkEnAl nIeH..HaHwHwHreeeeeeeeeeeeeeeRrR

  28. G TAU DECH…..
    TAPI SEREM JUGA CIEH CZ BISA BERGERAK- GERAK
    TAPI BAGUS KUK,,, SAYANGNYA AKU G BANYAK TAU TENTANG MONALISA HE..HE…HE….

  29. W cH PeNaSrAn BaNGeT SeBnRnYa dA PaAn Ch ? dI BaLiK SeNyUmAn mOnA;lIsA Or lUkIsAn mOnAlISa ?
    Tp sEtAu w luKiSaN ItU Di bKiN M pElUkIS TERkEnAl..
    sO lUKiSAn itU dI SeBuT lUKiSAn PallinG MahAl..
    ToLoNg dUnk KaSiH AnSwEr’y..

  30. apa ch misteri di balik lukisan monalisa itu..
    w penasaran..
    m spa yg ada dlm lukisan itu..
    mang’y mpe skr lum ketw’n y ?
    truz apa jga yg aneh tentang senymn’y ?
    jwab..
    biar w k9a penasaran

  31. menurut anda monalisa itu laki2 atau perempuan

  32. guys monalisa cntik tp tampan

  33. ^1r3n63l lavender

    Duh, g pucing bgtz nich!!U pada kok kirim kritik yg uwaneh-waneh sich???
    Klo g nich kritiknya adl hny seorg sniman terhebat yg dpt menuangkan lukisan yg begitu memukau ampe-ampe terlihat hidup.Cieileh… puitis bgtz y,hehehe ^__<kaci tau donk!!

    HARAP DIJAWAB!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  34. ^1r3n63l lavender

    yEEY, G MINTA DIKACI TAU HOBI LOE PADA APA YACH???

    sILAKAN YG MO KNLAN MA G KE MY E-ADRESS:Visellagrace@yahoo.co.id
    Nama:VIRENGEL/panggil az VIren

    TQ atas perhatny

  35. monalisa,monalisa.awek aku lagi lawa ler.

  36. IH NAMA NYA SAMA KAYA AQ YAITU MONA KOMKOM KEMARI2

  37. 1541564165461546414541641896494516

  38. @rizko : nuku ama film itu dilarang tau

  39. monalisa???

    pfuh,,jadi pen balik ke masa dulu..biar tau,,dia tuu siapa…

  40. melukiskan wanita yang periang yah??? maca cih??? kalo riang berarti om Vinci kurang ngelukisnya…harusnya ditangannya monalisa dikasih balon…he…he

  41. ada yang mengatakan monalisa itu adalah gambar pelukisnya sendiri yang merupakan seorang lelaki,tetapi dilukis sekiranya dia menjadi wanita,pasti rupa parasnya seperti itu….

  42. Ooo…Baru tau sejarah mona lisa.Tapi gimana keningnya dan disebalik senyumannya yg ayu gitu?boleh kenal dengan BLOGIE?????

  43. guys,you all tak nak friend with me ke?BLOGIE you tak nak friend with me ke?

  44. yang jelas monalisa ntu sama kaya gw….he..he..mksd gw yaaa sama2 cewek gituuuuu…and monalisa pasti orang penting dalam hidup da vinci…..

  45. ow ternyata itu lukisan jeng lisa toch.wah baru nyadar aku.halo apa kabar jeng lisa si nyonya periang

  46. andri seksi bukan atheis

    hai

  47. @ blogie… sae, lur! btw, eta aya wewe ngajak kenalan meni dicuekeun kituy ih… nolak rezeki ah! wakakakak!! salam tepang, lur.. :))

    @nabilah hanis: aku nak bekawan with you… masalahnya, adik nak bekawan with me tak?? :D

    here my site http://my.muxlim.com/MUXLIMO/
    semua orang diterima dengan senyum manis di sana :D

  48. Iin indriani Zzhhaa

    Kata nya monalisa seorang laki laki ap bnar??
    Tp dlkisan it mnalisa mmpunyai dada sprti wnita!!
    Dan gambr ap yg ad dblkang lksan mnalisa?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s