Global Warming, GLOBAL WARNING!

Belakangan ini memang banyak orang membicarakan efek dari global warming yang mulai melanda seluruh belahan dunia. Dari berita–berita yang saya simak baik dari media cetak maupun internet, bahaya yang bisa ditimbulkan dari proses global warming tersebut memang sangatlah menakutkan sekaligus menyedihkan karena anak-cucu-cicit kita yang akan menanggung akibat dari efek global ini secara total nantinya. Namun untuk saat ini bagi generasi kita hanyalah proses awal dari efek global warming tersebut.

Global Warming adalah peningkatan suhu Bumi secara bertahap karena rusaknya lapisan ozon yang tercemar oleh polusi udara (CO dan CO2). Lapisan ozon yang berada di atmosfer terluar bertugas untuk mengatur suhu di Bumi. Sehingga, sinar matahari yang masuk akan diseleksi dan diambil sebagiannya kemudian dipantulkan kembali ke luar Bumi. Tetapi karena lapisan ozon tersebut sudah rusak bahkan katanya ada yang sampai bolong menganga, akhirnya panas di Bumi tidak bisa dipantulkan kembali. Maka, terjadilah HARI INI.

Jelas nampak bahwa hal itu merupakan PERINGATAN bagi penduduk Bumi untuk memperhatikan kondisi planet ini yang kian hari makin tua renta, apalagi harus menderita kabina-bina dari efek global warning tersebut. Kita sebagai manusia tentu harus memberi perhatian lebih untuk merawat tempat tinggal kita yang cuma satu-satunya di alam jagat ini dengan serius.

Beberapa penyumbang tetap polusi itu berasal dari rokok, industri, kendaraan bermotor, kantong plastik, AC, dll. Contoh-contoh akibat dari global warming, yaitu banjir meluas di kota A, tapi kering kerontang di kota B. Berkurangnya populasi binatang dan serangga karena tidak dapat beradaptasi dengan iklim. Cuaca yang sering berubah secara drastis. Melelehnya es abadi di kutub magnet Bumi. Dan lainnya yang mungkin pernah anda rasakan.

Saya belakangan ini baru menyadari seperti merasa kehilangan sesuatu dari pemandangan di lingkungan sekitar. Dulu waktu saya kecil di siang hari sering melihat banyak capung dan kupu-kupu beterbangan. Pada malam hari pun begitu, kadang saya melihat ada silalu (bener gitu ya namanya?) yang suka bertamu ke dalam rumah saya dan juga kunang-kunang yang banyak berbinar terang di ilalang. Tapi sekarang? Lah kemana meraka semua? Burung pipit pun jarang terlihat lagi bertengger di atas kabel tiang listrik?

Ehmm… I missed them all. :(

Dan masih banyak lagi dampak-dampak negatif yang akan kita rasakan sekarang dan kelak nanti di generasi mendatang. Sebenarnya banyak cara untuk menanggulangi proses global warming ini namun banyak pula kendala untuk menerapkannya. Dari sini saya mau mencoba untuk mengajak anda agar segera bertindak, walaupun sedikit saja rasa peduli untuk menengok keadaan di lingkungan sekitar anda. Karena masalah global warming ini adalah MASALAH KITA SEMUA! Umur Bumi di tangan kita, sudah saatnya kita memikirkan lingkungan, sesama kita dan semua makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

global_warming_is_uncool.gif

Bisakah anda bayangkan sejenak, kalau es kutub itu meleleh semua? Sudah siapkah anda berenang dan hidup diatas air, selamanya? Permukaan laut dari tahun ke tahun meningkat terus dan terus meningkat, karena es di kutub sudah meleleh akibat pemanasan global. Siapkah anda?

Oke..oke.. sudah cukup teori basa-basinya. Yang kita butuhkan sekarang adalah sebuah tindakan. Tindakan untuk menolong Bumi yang minta tolong. Ya, Bumi telah minta tolong kepada kita dengan bahasa alam seperti yang ditunjukkan oleh gejala-gejala tersebut diatas tadi. Nah dibawah ini saya mau menampilkan beberapa tugas yang bisa anda kerjakan, minimal anda ambil satu.

Hentikan membeli botol plastik

Kenapa? Karena pembakaran material berbahan plastik itu menghasilkan racun yang dapat merusak ozon. Daripada membeli botol air putih yang sekali minum habis. Apa salahnya membawa botol sendiri yang bisa kita isi ulang sendiri. Kayak saya yang waktu kopdar di bratwurst itu loh bawa botol aqua sendiri dari rumah, malah status botolnya bekas. :D

Matikan listrik yang tidak terpakai
Kenapa? Mungkin listrik tidak menghasilkan polusi. Tetapi alat pembangkit listrik itu yang menghasilkan polusi. Jadi ada baiknya kita matikan lampu yang tidak digunakan, itung-itung penghematan tagihan. Nggak ada ruginya kan?!

Kurangi pemakaian AC
Freon pada AC itu merusak lapisan ozon. AC juga menyebabkan kulit jadi kering, kalau lama-lama ngadem dibawah AC bisa kena demam panas loh (berdasarkan pengalaman saya). Bisa bayangin nggak kalo Bumi kita nggak ada ozonnya? Kanker kulit, panas yang menyengat. Jadi kalau siang, ya sabar dikit lah.. Kipasin aja pake kertas koran. Nggak bakal mati kok kalo nggak pake AC. ;)

Pisahkan sampah daur ulang dan sampah yang bisa membusuk
Ini yang sebenarnya harus diterapkan secara intensif di jalan. Tapi saya perhatikan orang-orang di luar sana, tidak perduli. Yang penting sampah saya dibuang, sudah. Gitu aja kok repot, kata Gus Pur. Padahal kegunaan pemisahan ini sangat banyak. Sampah yang membusuk dapat dijadikan kompos dan sampah daur ulang akan digunakan lagi dan yang tidak terpakai akan dikompres dan dibakar. Nah, dengan cara memisahkan pembuangan sampah tersebut, ini akan mengurangi pembakaran sampah yang tidak berguna.

Makan dan minum harus DIHABISKAN

Membuang makanan berarti memperbanyak tumpukan sampah. Habiskan makanan anda, kalau anda kenyang dan makanannya masih tersisa. Tawarkan dan berikan pada teman atau orang lain. Dengan melakukan hal ini, anda mendapatkan 3 keuntungan; 1. Dapet pahala, 2. Lingkungan yang bersih, dan 3. Tentu saja anda yang kenyang. :mrgreen:

Hmmm… apalagi ya?

Oiya..

Jangan membungkus sampah terlalu kencang

Kenapa? Karena sampah tidak akan membusuk kalau ada udara yang masuk. Coba bayangkan bila anda berjalan di trotoar atau dimanapun yang ada sampahnya menggunung, tangan anda otomatis akan memencet idung untuk menutup wangi sampah yang berusaha menggoda indra pencium anda. ;)

Khusus pengendara motor

Matikan mesin bila anda terkena lampu merah. Tapi jangan pada waktu macet, ingat.. waktu Lampu Merah. Mungkin hanya 1-5 menitan aja. Tapi kalau dikalikan 1 juta penduduk yang menggunakan motor. Berapa polusi yang dihasilkan dalam rentang waktu tersebut?? *Ayoo… pake kalkulatornya… :D *Mungkin segitu aja tugas-tugas yang saya paparkan disini sebagai usaha untuk meredam global warming, tapi kalau ada yang lainnya silakan anda tambahkan. Saya sendiri sudah menjalani beberapa tugas tersebut diatas. Apalagi saya ini tercatat sebagai seorang Batagoris dari Komunitas Blogger Bandung yang peduli lingkungan. So, saya bangga dan senang bisa berkontribusi untuk menghijaukan lingkungan secara kolektif bersama blogger lainnya.

Anda jangan heran dengan tampilan blog saya yang beda dari biasanya, karena BLOGIE pun turut “menghijaukan” lingkungan dengan merubah tampilannya menjadi serba hijau. :mrgreen:

That’s all I do for joint importance and the Earth salvation, ’cause i love green..

You?

24 responses to “Global Warming, GLOBAL WARNING!

  1. coba buka http://akuinginhijau.wordpress.com di situ lumayan banyak cara juga loh untuk menjaga lingkungan.

  2. ya… mari kita perbaiki bumi ini
    mulai dari diri kita
    sekitar kita
    kecil tak mengapa
    tapi yang pasti ada perubahan tiap hari
    makin hari makin baik…

  3. hati-hati juga dengan gombal warning yang ada setelah isu global warming mendunia… :-)

  4. wah sepertinya saya harus membatalkan rencana membeli AC :D

  5. kata cincha lauwra, “global warming is cool!!!” :mrgreen:

  6. Saya merasa khawatir soal global warming sebelum ramai seperti sekarang…lha, guru SD ‘kita’ kan udah ngasih tau sejak dulu. Dan itu saya sadari betul…makanya, saya juga sedih banget ketika pohon-pohon di Bandung dibabatin buat bangun mall atau pelebaran jalan :(

  7. Coba Baca artikel2 di http://www.globalwarminghoax.com

    Jangan berpandangan negatif ato positif dulu… ato coba lihat sejarah dari isu global warming itu sendiri. (Di Wikipedia juga ada).

    Matikan mesin motor…?? Berarti akan lebih banyak menghabiskan accu motor buat start-nya lagi donk…?? Limbah accu rusak kan bisa mengontaminasi lingkungan toh.

    Saya sih melihatnya ini adalah suatu tantangan bagi manusia untuk membuat berbagai penemuan dan teknologi baru. Cara-cara yang anda berikan itu bukannya jelek, tapi tak akan efektif dan hanya bersifat menunda masalah bukannya menyelesaikannya.

    Bukannya mau promosi nih, tapi di Teknik Material kita bisa mempelajari berbagai jenis material yang berguna bagi kehidupan masyarakat… Makanya bagi yang nyari jurusan buat kuliah, pilih aja T.Material ITB :D (Itu sih promosi donk :mrgreen: )

  8. Wow..hijau euy!!! Ganti theme ya mas? Musim ganti theme nih, aki herry juga :mrgreen:

    Klo membicarakan global warming, saya selalu ingat film “The Day After Tomorrow” yang mengisahkan tentang efek global warming –yaitu cairnya es di kutub sehingga dunia terendam air bah yang super dingin. Para ilmuwan juga sudah memprediksikan kemungkinan cairnya es di kutub, sehingga bukan tak mungkin suatu hari nanti –entah kapan, akan ada kejadian seperti di film itu. Tapi pastinya mungkin engga sedramatis di film. Atau justru lebih ya?

    Tapi, kira –kira, emang mungkin ga sih kita mengalami bencana seperti di film tersebut?

  9. huhuhu,,,,,,,,,,,

    global warning???????????

    Qta hrs mnjg jg jgn mw lps tngan, khan Qta jg mmkai bumi neh…..

  10. bagi saya global warning itu perlu aaaaaaaacchchchhchchhc

  11. mas… bukan GLOBAL WARNING aja…

    Tapi GOMBAL WARNING!!!
    :mrgreen:

  12. NICE INFO…
    ak jadi ngerti sekarang thx yah^^

  13. Ingat Reduce, Reuse n Recycle

  14. owH… jadi gtU ycH yg nMa na gLobal warning

  15. owh,, jadi gtu ych yg nmaNa gLobal warning

  16. tolong lebih sering lagi ditampilkan dimedia
    seperi televisi apa saja akibat global warming

  17. Ping-balik: Theremuth’s Blog

  18. hae….

    aQ sTuju ma ap yang dblang kk…

    tpi qlu dpkir” ank” zaman skrg mana ad c yang maw tahan panas…??

    sperti dkLas aQ,,klax na thu panas,,ac na ga dgn…

    smwa uda pada ngluH…

    kta kk thu freon pda ac bsa mrsak lpisan ozon…

    qlu da gtu pxti biar ga trasa pnax,,pk kpas agn…

    alna qlu kpas” pk koran,,ank” bkal blg pgeL….

    nah kpas agn kan hrus dicolok n pke lsTriK gtu…

    tp alat pmbgkit lstrik thu kan menghsilkan polusi,,jdi qTa thu hrusna gmana dunk???

    kk kan jga pxt ga than ma cuaca yg pnax…

    jdi ap yg hrus qta lkukan??

    qlu ga pk ac to kpas,,pxti pnas bgd…
    nma na jga jkT gtu..

    jd qta thu lbh baik memakai kpas agn to ac agr ga kpnasan,,n jga bisa mnjga alam??

  19. Bener tu daripada naek kendaraan pribadi mending kan naek kendaraan umum aja, selain mengurangi penyebab global warming, tp juga capa tau bza dpt temen baru,,,,,,,,,hehehe

  20. Buat para cowonya juga ayo doooooooooooooong berenti ngerokoknya,,,,,,kalo memang sayang sama diri sendiri and lingkungan………….

  21. waw! i love green too…….. dari sini,saya jadi ngerti,global WARNING i2 cuman peringatan untuk GLOBAL WARMING. btw,sy punya tambahan. Kurangin pemakaian hairspray,pake bahan2 yang bisa didaur ulang. Begitupun buat ibu2 yg pingin belanja di supermarket,bw aja kantong belanjaannya dari rumah. daripada pake’ plastik. Karena anda semua udah nguntungin 2 pihak,bumi,n’ supermarketnya. kan mereka udah gak rugi lagi pake ngasih kantong plastik……….

  22. If you are not afraid of old-fashioned ways, the leather sleeve is especially
    useful. If the cell phone is extremely dirty because it was dropped in mud or handled with grimy grease-covered fingers, clean the keypad and crevices with wipes especially for electronics.
    These central servers can be integrated using wireless connections
    to create a network that covers an entire city.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s