Makna Cinta Sejati

“Tiada hari tanpa ngobrolin cinta…”

Betul itu, tidak salah. Setiap hari dan setiap saat semua orang di dunia ini tak pernah berhenti-henti membicarakan masalah yang berkaitan dengan cinta.

Dalam kehidupan manusia, cinta sering menampakkan diri dalam berbagai bentuk. Kadang-kadang seseorang mencintai dirinya sendiri, kadang-kadang mencintai orang lain. Cinta pada diri sendiri membuat seseorang akan mampu menjaga dirinya. Bayangkan kalau seseorang tidak mencintai diri sendiri, pasti ia takkan peduli dengan kondisi dirinya. Kalau ia sudah mencintai diri sendiri, akan muncul dorongan sebaliknya, yaitu membenci segala sesuatu yang dapat memadorotkan dirinya. Namun yang patut diingat adalah cinta pada diri sendiri pun harus diimbangi dengan bentuk-bentuk cinta pada yang lain.

Lalu Cinta itu sendiri apa?

Menurut pandangan umum, Cinta adalah sebuah perasaan ingin membagi secara bersama-sama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi atau kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain baik berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa saja yang diinginkan objek tersebut.

Tapi menurut saya, Cinta itu pada dasarnya adalah untuk saling menyelamatkan, saling melindungi dan membahagiakan diri. Jika kita mencintai diri atau pun orang lain dengan sepenuh hati, itu artinya kita menggantungkan diri pada makhluk yang dengan berbagai kelemahannya belum tentu dapat memberikan semua kebahagiannnya. Oleh karena itu, cinta yang sepenuh hati hanya patut kita berikan pada Sang Khalik yang sudah pasti memberikan respon yang dapat menentramkan hati, karena Dia pasti akan memberikan balasan setimpal bahkan lebih daripada yang kita berikan kepada-Nya.

Firman-Nya ada dalam sebuah hadist qudsi, “Jika dia (hamba-Ku) mendekat kepadaku sejengkal, maka Aku akan mendekat kepadanya sedepa. Jika ia mendekat kepada-Ku sedepa, Aku akan mendekatinya sehasta, jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan, Aku akan datang kepadanya dengan berlari.”

Mungkin kita beralasan bahwa respon dari sesama makhluk itu dapat terlihat, sedangkan respon dari-Nya tidak bisa terlihat. Misal, kalau kita tertawa kepada seseorang, kita bisa langsung melihat responnya, apakah ia membalas tertawa ataukah malah cemberut.

Well…

Respon dari Allah memang tak dapat terlihat secara kasat mata, namun dapat dirasakan. Nah, untuk dapat merasakannya tentunya seorang hamba mesti benar-benar tulus dalam mencintai-Nya. Sepanjang cinta kita pada-Nya masih terkalahkan oleh cinta kita pada hal-hal lain selain diri-Nya, tentu kita akan sangat sulit merasakan respon itu. Selain itu, kalau yang menjadi ukuran adalah hal-hal yang kasat mata saja, sangat mungkin apa-apa yang terlihat itu sangat bertolak belakang dengan apa yang ada di dalam hati atau pikiran. Contohnya saja saat kita tersenyum pada seseorang dan orang lain pun tersenyum, apa kita bisa memastikan bahwa senyumnya itu pun benar-benar tulus? Atau jangan-jangan di balik senyumnya itu dia sangat membenci kita, senyumnya hanya sekedar lips service semata. Sungguh, kita betul-betul tidak tahu apa yang sesungguhnya berada di balik respon yang ditampakkan seseorang. Seperti kata pepatah bilang, “Dalamnya lautan kan kuselami, hati orang siapa yang tahu”.

Sedangkan Allah, Ia Maha Tahu sejauh mana kadar cinta seorang manusia pada diri-Nya. Bahkan, Ia pun tahu sangkaan tiap-tiap hamba-Nya pada diri-Nya. Jadi, respon yang kasat mata tidaklah dapat dijadikan ukuran. Hakikat yang sebenarnya adalah di dalam hati, sesuatu yang amat halus dan lembut, abstrak, tidak berupa dan tidak dapat diraba. Segala tindakan yang dilakukan akan terasa lebih indah bila dilakukan dengan hati. Lain lagi ceritanya kalau hanya dilakukan karena dorongan fisiologis semata.

Misalnya saja dalam urusan seks. Kalaulah seseorang melakukan aktivitas seksual hanya sebatas pada kenikmatan, apa bedanya dengan hewan? Dalam kondisi atau dengan cara apapun, aktivitas seksual seperti itu dapat dilakukan dan pasti melahirkan kenikmatan. Namun, apakah kita, yang mengaku sebagai makhluk yang paling sempurna ternyata bisanya hanyalah mengejar kenikmatan belaka? Bukankah semestinya kita membuktikan bahwa diri kita benar-benar makhluk yang mulia, sehingga kita tidak memahami cinta hanya sebatas nafsu saja, namun lebih dari itu, yaitu menggapai cinta yang diridoi Allah, yaitu cinta yang lahir dari dalam nurani.

Sauh pun tertancap di dasar samudera, kokoh dan lepas dari keangkuhan. Seperti itulah hakikat cinta. Namun, kadang ia tergadai dalam sikap egois yang terpasung nafsu.

Saat aku melihat di jalanan ada dua bocah ABG yang sedang asyik-asyiknya bercanda dan tertawa dengan mesra dibawah remang-remang lampu taman yang berpendar, seolah-olah dunia milik mereka berdua. Mereka benar-benar mengingatkanku pada masa lalu. Jujur aku akui, dulu, walaupun saat ini aku terbilang masih muda tapi diri ini sudah cukup banyak mereguk berbagai pengalaman tentang asem-manis-pahitnya cinta. Mulai dari main mata, lirik sana lirik sini, kenalan, pacaran, seterusnya dan seterusnya. Maka aku dapat mengambil kesimpulan, kadang manusia itu seperti hewan, cinta hanya digunakan untuk menipu, hanya untuk sekadar memenuhi bisikan setan yang ngakak puas dengan akal bulusnya yang diikuti mereka. Setelah pengalaman yang aku alami selama ini, pantaslah hatiku mendesis pada mereka, “Kasihan, pastilah tak terpikir oleh mereka tentang getirnya sebuah pengkhianatan.” Dan pastilah mereka sudah beranggapan bahwa yang mereka rasakan sekarang adalah yang disebut dengan cinta.

Kita tentu tahu, cinta zaman sekarang sudah dibentuk oleh opini media massa, acara televisi contohnya, mulai model cintanya orang-orang Barat hingga roman picisan yang dikemas dalam bentuk sinetron, sineTV, FTV atau apa pun lah namanya. Ah, itu semua ternyata hanyalah kamuflase belaka. Disadari atau tidak, diakui atau tidak, berbagai acara itu telah mengajarkan kita tentang cinta yang semu. Dan anehnya, orang selalu mengikuti setiap pesan tanpa berpikir panjang apakah pesan itu positif atau negatif untuk dirinya. Atau mungkin kita terlalu dungu, tidak mengerti sebuah trik dari sekelompok orang dibalik layar yang membuat skenario semua ini. Ah, wajarlah kalau para remaja mudah sekali mereka jadikan sebagai objek. Dan memang luar biasa sekali pengaruh media massa, begitu mudah mengubah perilaku orang.

Begitulah realita cinta yang saya saksikan kini. Kalau selama ini kita selalu patuh terhadap pesan cinta yang ditampilkan oleh si om sutradara, kenapa kita tak mencoba patuh kepada pesan cinta dari Sang Maha Sutradara. Kalau kita mencintai seseorang, cintailah dia ala kadarnya. Karena bisa jadi ia membenci kita. Kalau kita membenci seseorang, bencilah dia ala kadarnya. Karena bisa jadi ia mencintai kita. Jadikanlah cinta untuk mendapatkan ridho-Nya, dan janganlah kita mencari cinta untuk mendapatkan kenikmatan sesaat yang menyesatkan.

Tak ada yang kebetulan di dunia ini. Semuanya berjalan atas rencana dan pengetahuan Allah. Bahkan tiada sehelai daun pun yang gugur, melainkan Dia mengetahuinya. Berbicara cinta, artinya berbicara keyakinan. Lantunan cinta, adalah tembang pengorbanan seorang hamba dalam lingkup Sang Khalik, yang menumbuhkan ketegaran dan daya juang yang tinggi. Hingga saat cinta terkhianati, tak berujung putus asa atau penyesalan. Dan bila cinta terjawab, Rindu Ilahi pun kan selalu menyertai.

Jadi, makna cinta sejati, sederhananya, menurut saya adalah cinta terhadap seseorang yang didasari atas kecintaan yang sama terhadap Allah SWT, bukan karena si dia cakep, cantik, tajir, pinter, dan semua objek fisiologis lainnya. Itu semua hanyalah opsional. Sebab, cinta yang berasal dari satu keyakinan akan timbul sebuah kepercayaan, dari sebuah kepercayaan lahirlah kesetiaan dan dari kesetiaan maka itulah yang disebut dengan cinta sejati.

Terkesan agamis? Tanyalah diri sendiri, kita manusia yang memiliki agama atau bukan?

 

 

 

Ditulis oleh Gilang Ramadhan, jika kamu punya pertanyaan silahkan tanyakan lewat twitter di @gilangramadhan. Atau bisa juga lewat Google+. Terima kasih.

 


Artikel terkait :

1. Cinta Sejati Menurut Islam
2. Jomblo? Santai aja pol…

126 responses to “Makna Cinta Sejati

  1. q pngen tau banget arti cinta sejati..ju2r q bis disakitin cowok…q mulai menelusuri pa bener dia cinta sejatiq…pengen sadar..da ga’ cara menegtahui,pakah seseorang tersebut bener2 tulus cinta sejati atau hanya yang lain??maksih banyak

  2. Coba tanyakan sama dirinya, nis…
    Dia cinta sama dirimu atau jiwamu?
    Cinta parasmu atau hatimu?

  3. masalahnya qt dalam kondisi hampir putus mas…q bis baca artikel mas blogie yang jomblo…kayaknya q tertarik buat jomblo dulu dah…

  4. ehm singkatna kata sayamah “cinta bukan untuk saling menyakiti” haha masih keneh nyuat dina hate Gie ah…
    eh betwe lis mo pulang gie besok euy!
    mudik daiiiiiiiiiii

  5. ,SAYA MERASA CINTA ITU ADALAH ANUGRAH YANG DIBERIKAN KEPADA LAKI & PEREMPUAN UNTUK SALING MENYAYNYANGI WALAUPUN CINTA ITU KADANG-KADANG BISA MENYAKIT HATI. DAN CINTA ITU TAK SELAMANYA HANYA UNTUK DUA INSAN YANG BERBEDA.MAKASIH

    • beautiful love(eiza omey)

      bercinta dan cintailah seseorang itu kerana ALLAH…kerana ALLAH akan memberi petunjuk atas segalanya…cintaila ALLAH,RASUL DAN IBU AYAH KITA PASTI TIADA KECEWA DALAM DIRI…hanya ALLAH yang tahu apa yang terbaik buat diri kita sendiri….jadi kembalikan diri pada yang MAHA KUASA…mohonlah padaNya….INSYAALLAH…;-)

  6. Cinta,

    hmm,…..

    Cinta PERSIB

    Peace. ;)

  7. nisa
    Moga-moga itu memang keputusan yang terbaik buat mbak nisa dan juga buat dia.

    Selamat Bergabung di komunitas Ijo Semangka, mbak nisa..
    *halah… * :mrgreen:

    LieZMaya
    Udah jelas kan, cinta adalah untuk saling melindungi… ;)

    Welcome home, liz… :D
    Salam tepang ah…
    Mugia salamet ti jalan.. :)

    MIDHA
    Waw…
    TOA banget ni mas Midha.. :D

    Setuju!

    Makasih dah berkunjung.

    hevi.fauzan
    Sima Aing Sima Maung
    Maung Aing Maung Bandung

    GO PERSIB!! :mrgreen:
    *BLOGIE juga bobotoh persib*

    Jangan sampe cinta sama persibnya kelewat posesif ya..
    tar malah bertindak anarkis kayak anak-anak bobotoh kemaren.. :D

    PISSSSS!!!

    ina :oops:

    I Love U Too Green. :P
    :mrgreen:

  8. ah, menurut Abang saya (*menjura pada bang Gage*) Cinta itu cuma rasa kok…
    :lol:

    ya rasakan saja…
    ;)

  9. Ketahuilah kawan, sesungguhnya cinta yang tulus tidak lahir sekejap. Ia pun takkan muncul karena paksaan. Cinta sejati berjalan dan sampai di tujuan dengan lamban dan pelan. Ia berjalan melalui perpaduan yang panjang setelah menegakkan tiang pancang. Cinta sejati akan mewujud setelah perjalanan yang panjang, setelah mantap niat dan teguh tujuan. Karenanya, cinta sejati takkan mudah runtuh tiang, takkan mudah pudar ikatan.

  10. Ngomogin cinta memang nggak akan ada habisnya, cinta memang menjadi barang warisan dari saat manusia diciptakan. Cinta membuat kita jadi “hidup” dana merasakan kita hidup. nice post!
    Salam kenal dari Bali!

  11. cintanya bukan cincha lawra… kan :P

    sejak dahulu beginilah cinta deritanya tiada akhir
    *ti pat kay

  12. cinta sejati
    tak pernah mati
    abadi
    hingga kehidupan kedua nanti

  13. katenye anak mude gahul jaman sekarang seh cinta=pacaran=cium=pegangan tangan=jalan, dll
    mm, bukannya cinta itu Allah, Rasul, mami, papi, kaka, ade, keluarga, temen-temen yeh???

  14. Begitulah cinta.. deritanya tiada akhir (kata Panglima Pat Kai – Kera Sakti)

  15. udah lahhhh. . . .
    gag usah ngomongin cinta laa,,,
    bullshittt tau gag c’. . . . . .
    pokonya GW gag kan mw kenaL lagi ma yang namana cinta. . . .
    fuckin9 Love,,,,,,

    ….gw bete sama cinta….

  16. cinta sejati…

    emang hari gini ada?!?

    aq udah nyari pi…

    ta’ que temui juga…

    ampe akhirnya aq hanya isa berharap dan berdoa…

    tuhan kirimkanlah aq kekasih yang baik hati…

    yang mencintai aq dan keluargaku apa adanya…

  17. Landy
    Udah saya abreviasikan tuh dalam satu kata yaitu, “Kesetiaan”.

    Artana
    Betul! Cinta membuat kita jadi hidup lebih hidup. Tanpa cinta kita nggak akan bisa hidup aman, nyaman dan sentosa. *halah… *
    Misalnya, kalo kita nggak punya rasa ‘cinta’, anda pasti langsung mencak-mencak sambil banting-banting kebot ke arah monitor sini..

    hehehe…
    :mrgreen:

    chatoer
    cincha lawra??

    sapa tuh?
    :roll:

    missglasses
    naaa… itulah realiti yang aku lihat sekarang ini.

    Cinta Memang Buta™

    Fuh…

    :-S

    deniar
    Dah dikutip ama om chatoer tuh… :P

    chira
    Ehem.. Ehem..
    Beginilah saudara-saudara, chira adalah contoh orang yang sedah disakiti cinta.

    Betul?

    Yodadeh, chir.. tak usah kau pikirin lagi… Takut kalo2 cinta bikin kamu gila. :roll:

    akucayangzakkaa
    Ada. Cuman belum mau diketemuin sama kamu. :P

    Amin…amin..

  18. thanks a lot ….
    tulisan ni jd obat yang nyejukain hti gw yg lagi PATAH……gw bru udahan ama cewe gw….padahal gw dan si mantan dah “pacaran” sejak SD ( gw skrg kul…sorry jd curhat nih )….walopun sempet putus sambung…….

    skrg gw lg pengen jomblo…..b’harap sprt Fahri dalam AAc…

    skali thanks ya …. gw jd punya persepsi lain ttg Cinta Sejati….

  19. Alhamdulillah…
    Syukur kalo tulisan ini jadi obat yang nyembuhin perspektif rere tentang cinta…

    Tenang saja… jodoh itu ada di tangan Alloh… ;)

    Sami-sami™

    Makasih dah berkungjung dan ngomeng disini… :)

  20. mencintai mantan kekasih yang jelas-jelas sudah mengkhianati,bikin hati sakit.tapi haty ini berkata lain aku tetap menyayanginya…
    walaupun aku tau klo dya udah memiliki pengganty dr aku.
    apa itu yg disebut cinta sejaty????????memberi terus tnp menerima kasih dr dia.

  21. annaphalisjavanica

    CinTa???? Yang Ada Cuma cinta ke yang Maha Esa,,,, CinTa Yang laen Gak laen Dan gak Bukan Cuma Buwat DY???
    Salam Kenal…..

  22. menurut aq “CINTA” itu memang indah,
    qt tdk bsa hidup tnpa “CINTA”.SO…………
    Kamu jgn nyerah utk gapai “CINTAMU”……
    oce……………………………………………..

  23. cinta itu bersemi apapun dirimu tak pedulu keadaannya dulu dan kini

  24. Cinta..Smua oRG pST n9rasain cinta..
    Org yg q syang pnh bLAng..

    Jangn pernah munafik tntg cinta..Meskpun ia membwa luka dan dka.Cz smua it ada jalanx..

    B6tow..

  25. cinta sejati….
    sssiiiippp lha…
    qta pemain cinta…^,^

  26. cinta.. Hiks,,,
    percaya bgt sm cinta sejati…
    buktinya skrng aq ktmu lg sm dy,,, tanpa disadari dan tanpa direncanakan,,ternyta dy masih sayng…
    dy kaget pas aq jg ga pernah lupain dy smnjak putus wlwpn aq ud pnya cwex skrng,,
    ni yg bwt bingung????? aq sayang sm dy lebih dr apapun…. tp aq ud punya cwex ud 2 thn jg hub’y…..
    bingungnya….. yg mana cinta sejati itu??? wekekek!!!
    bingung bwt milih cinta sejati… :),,

    Kesimpulannya cinta sejati itu ada…. tanpa disadari n tanpa direncanakan,, dan semua itu tuhan yg atur…

  27. ciNta iTu iNdah teRganTung oRg yaNg meNgaRtiKan taPi ciNta aKan meNyaKitKan biLa aDa duSta daRi oRg yaNg meRasaKan…..

  28. cinta sejati hanya datang 1kali

  29. cinta itu indah bila di taburi
    rasa kasih sayang

    cinta itu sakit bila orang yang
    qtq cintai tak peduli akan perasaan qta

    cinta itu benci jika berahir dengan
    kata perselingkuhan yaaaaa toooo

    by anak PURWOREJO

  30. Yupzzz, aku sependapat banget dengan artikel diatas.

  31. cinta…..
    kapan datang kapan pergi kadang kita tidak pernah menyadarinya.
    Terkadang bahagia, terkadang terlalu menyakitkan untuk dijalani. mungkin itu sudah takdir manusia.
    Yang bisa dilakukan hanyalah terus maju, terus melangkah untuk menjalani hidup dengan sebaik – baiknya.

  32. kere…n, syukur Alhamdulillah tulisan ini udah mewakili apa yg qrasakan tentang cinta….cinta sejati adalah cinta yang datang karena nur ilahi…Benar-benar harus menata niat sebelum mencintai. Sehingga keselamatan qt dapat terjaga. Amin. Semoga segera qtemukan cinta sejati itu..Amin.
    dan sudah pasti yg menayangkan tulisan ini adalah salah satu pecinta sejati. Insyaallah….Semoga keberkahan dan keselamatan dapat direngkuh olehmu..Amin. Terimakasih.

  33. wew..cinta?
    sampe sekarang aku masih mencari maknanya…

    sampe sekarang puLa aku bLum tau maknanya…

    HeLp me pLis…

  34. “Barangsiapa jatuh cinta, lalu menyembunyikan cintanya, menahan diri, bersabar lalu meninggal dunia maka ia mati syahid”

    salam kenal…
    temukan bisikan cinta di sini..

  35. cinta sejati hanya milik Allah SWT yang kekal lagi abadi…
    cinta pada pasangan merupakan ketika kita dapat menerima kekurangan pasangan kita sambil memeluknya dan berkata bahwa aku sayang kamu apa adanya dengan segala kelebihan dan kekurangan kamu akan mendampingimu dalam suka duka disertai dengan sikap dan perbuatan bukan cuma dalam lisan semata

  36. cnta i2 gak bsa d paksain,
    kpan d pksa mka akn saling mxakitkan,
    bgitupun dengan aq ,
    aq mencintai org yg kini tak mencintaiq lgii.
    tapi aq ngak bsa memakskan dy untk cnta pdaqu krn aq tak maw ia terluka krn ulahq.

  37. mantap artikelnya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  38. tadi tuh diatas, aku baca ada yg nyebut2 klo cinta itu bullshit.
    ya, sbnrnya enggak gitu juga. krn kamu blm menemukan aja. aku jg setuju jangan munafik sama cinta, suka dan duka pasti ada jalannya. * bener tuh*

    silakan mencintai sepenuh hati, tp bukankah ada yg lebih penting dari sekedar mencintai sebuah hati? ya mencintai seseorang karena keimanannya membawa kita dalam kedamaian tuhan, ia membuat kita makin bersyukur, dsb

    aku adl perempuan pencinta perempuan, aku hanya CINTA [gak lebih], mencintainya membawaku kpd TUHANKU. apa yg salah menjadi berbeda?

    **itu aku, gag tau klo yg laen. lam kenal

  39. Cinta YA

    Cinta Tu Indah
    Tanpa Hidup Terrasa hampa,,
    Suatu saat Klo cinta ItU Hilank,

    maka Dunia INi Akan Mati,,

  40. Ping-balik: Review Ketika Cinta Bertasbih « BLOGIE

  41. Ping-balik: Review Film Ketika Cinta Bertasbih « BLOGIE

  42. cinta itu indah.cinta itu indah.tetapi kadang menyakitkan

  43. cinta sejati akan ada bila seseorang bisa saling memahami dan percaya

  44. cinta bisa membuat kita bahagai tp terkadang cinta bisa membuat kita menderita dan kecewa

  45. menurutku… cita itu menyenangkan dan menyedihkan.ketika cinta berda dlm dr kt maka kt akan bhgia kan tetapi ktka berpaling sungguh menyakitkan

  46. di dunia ini tidak ada yang namanya cinta. yang ada hanya kebohongan. tapi apabila kita masih bisa berbuat baik untuk orang lain lebih baik daripada mencari cinta sejati. jika tidak ingin merasakan sakit karena cinta lebih baik mengubur dalam2 yang namanya cinta. hidup dengan logika.
    love”s suck

  47. cinta itu anugerah yg terindah drpd ALLAH…
    aku percaya wujud nya cinta yg sejati…

    -NF-(^_^)

  48. cinta??
    cinta adalah perasaan tulus seseorang..
    tanpa paksaan tanpa syarat,,
    kita ga bisa melihat cinta..
    tapi kita cuma bisa merasakan,,
    sakit atau senangnya itu di tanggung oleh kita sendiri..

  49. tong pernah nilai jelema tina rupina wungkul… tingali tina kapribadianana… nu rupina kasep+rapi ge can tangtu jalmi nu bener…,

  50. CINTA
    C:ERITA
    I:NDAH
    N:AMUN
    T:IADA
    A:RTI’Y
    ItuLah CINTA Kdng SuLiT TuK D’MngrTi

  51. florika rumondor

    G ga prcaya ma nmanya cinta,..

  52. love is blind
    jangan terlalu mempercayai orang yang kkamu cinta karna munkin suatu saat orang tsb jadi musuh kamu n jgn pla tll mmbnci ssorang cz mnkn org yang km bnci tu swtu saat mnjadi kksiah moeeee

  53. udah pada pinter2 ngomongin soal cinta.
    udah taU cinta sejati itu kan??
    ALLAH. ane tau meskipun berat.
    buktikan donkkk!!!!!!!
    jangan omong tok.
    GOMBAL

  54. cinta…..
    cinta dapat di rasakan namun tax dapat di ungkapkan,,,,
    cinta….
    berjuta makna satu kata,,,
    berikan kebahagiaan dan tentramkan hati,,,
    tapi cinta…..
    cinta juga mala petaka,banyak sekali yang mempermainkan cinta,,,
    lalu….apakah makna dari cinta itu sebenarnya??????
    apalah arti cinta itu,,,,,???????

  55. ggw,, dah gak percaya sama yg nmanya cinta…….
    smua itu omong kosong..
    klo,, dah pacaran yg ada cuma bikan sakit hati dong ……….!!!!!!!!!!
    cinta itu kaya asu……….

    by.teroris cinta

  56. hin zhuka khamu phunya

    aku yakin dengan cinta n cinta sejati itu masih ttp ada,,,,.aku rasain sekarang aku mencintai seseorang yg tak bisa membalas cintaku tp aku ttp yakin dia cinta sejati ku,,,.kejar cinta mu wlw tak ada balaz’y,,,,.salam pecinta sejati

  57. vhin zhuka khamu phunya

    aku yakin dengan cinta n cinta sejati itu masih ttp ada,,,,.aku rasain sekarang aku mencintai seseorang yg tak bisa membalas cintaku tp aku ttp yakin dia cinta sejati ku,,,.kejar cinta mu wlw tak ada balaz’y,,,,.salam pecinta sejati

  58. aku gak percaya dg cinta sejati, krn udagh 2x q di sakiti dan di permainkan oleh cinta…..

  59. cinta sejati adalah:cinta yang lahir dari sebuah pengabdian terhadap sesuatu yang membuat dia merasakan ketentraman,keamanan , dan kebahagian ,seperti cinta kita kepada sang kholiq,yang setaip detik,menit jam, dan hari nya kita selalu menyebut namanya.maka cinta sejati itu haruslah kita berikan kepada sang kholiq,karena dia kita bisa merasakan cinta,dan menjalankan nya,dengan penuh rasa keikhlasan,jika kita mencintai seseorang tentulah apa yang dipinta dan di perintahnya pasti kita akan menjalankan dengan penuh ke ikhlasan,jika kita tidak ikhlas dlm menjalani permintaan,maka akan berakibat pada kepahitan dan kehancurannya,

  60. oleh karena itu jika cinta kita tidak berdasarkan karena sang kholiq,maka kita akan selalu merasakan yang namanya sakit hatiyang mendalam,namun jika cinta kita berdasarkan karena sang kholiq,maka yang namanya sakit hati itu tidak lah terlalu berkepanjangan karena dia tahu bahwa yang paling dia cintai hanyalah sang kholiq nya.

  61. cinta itu trkadang mnyakit kan ,,,,,,tpi trkadang cinta itu indah ,,,,,,,oy apakah km tau cinta yg mnyakitkan ,,,,am cinta yg indah ,,,,,,,,,,
    laucinta yg mnyakitkan adlah di mn cnta itu prgi mninggalkan kta ,,,,,,,
    lau cinta itu indah ,,,adlah di mn prtama kli kta jatuh cinta ,,,,,

  62. cinta th emang indah..!!!

  63. gmn kah tangapan kamu bila cwek yg dihianati oleh seorg cwok tetap setia kpd cwok itu…dan apa yg hrs dia lakukan oleh cwek yg dihianati itu knp si cwok….???

  64. hmmm…….!!!

    Mantappppzzzz……………!!!

  65. cintaq sllu b’akhir meyakitkn….

    • saya dah banyak kali putus cinta….laki yg saya cinta banyak buat masalah kt sekolah…susah saya nak beri nasihat..klau beri pun bkn nya dia org nak dgr…rasa mcam nak jd lesbian pun ada…cinta menyusah kan saja..laki x blh dipercayai…LOL +

  66. cinta hanya msmbuat qta buta,sengsara,maka jgn mempermainkan cinta,klo blm tau apa arti CINTA…….

  67. Cinta adalah sebuah pengorbanan, sebab Cinta bukanlah karena tapi Cinta adalah Meskipun.
    Salam kenal……,

  68. Perbuatan kasih selalu berupaya menerbitkan rembulan dan bintang bagi mereka yang berada dalam gelap; membangun surga dalam keputusasaan neraka; menganyam sarang dalam keterasingan dan kedinginan; menyediakan hidangan bagi yang lapar. Kasih itu selalu melahirkan. Lihatlah berjuta-juta bayi yang dilahirkan oleh cinta. Apa yang Anda lahirkan?

  69. cinta itu boong!!!

  70. menurut Q ch cnta sjti itu sbuah perasaan yg tmbuh dr ht,shgg ssorg it mmbrkn cinta n ksh sygny,,

  71. mmg betul org kata kan cinta itu indah dan smanis gula..
    tapi setelah kita btul2 mgenali cinta ea bagai kan racun yg sungguh berbisa.

  72. bebebebeb sapa bilang cinta mantap cinta ntu bkin erross

  73. saya selalu berdoa agar tuhan berikan aku jalan menuju ke arah hdp dngan cinta yang ssungu nya amin dari aku serpi berasal dari manado menuju kota cinta dlm gdp ku hnyala stu tjuan yatu cnta salam knl bay bay

  74. apa kah cinta ku akan tertju pda mu sayang imelda aku sangat menyayangi mu sangat

  75. hay semua nya apa kabar …………….:::::::…………….

  76. kkkkkkkkkkk

  77. cinta kadang menyenangkan dan kadang menyakit kan apa kah di dunia ini masi ada cinta sejati seperti yang ku mau semua wanita yang ku kenal baik tapi pada ujung nya membuat aku menderita sakit ke paya pret prettt ……………..

  78. mnrut ana, Cinta Sejati tu adlh suatu anugrah dr Allah swt yg d brikn kpd mnusia yg d cptkn sling b’rpsangn… Cinta itu ada k’tika kita mulai m’ngenal s’seorg yg k’mudian m’njalin hbungan yg serius, antra pihak yg satu dan yg lain sdh ada k’sepkatn untuk m’lnjutkn hbngan yg lbih serius….
    dinaikkn dg s’buah kursi p’laminan, dr situ dpt d ambil k’simpulan bhwa kta dpt m’nemukan Cinta Sejati yg sesungguhnya, kita bs m’rsakan k’setiaan, k’sbaran, p’rhatian, kasih sayank, p’ngertian, p’ngorbnan, dari dirinya kpd kita,,,, dan m’nerima k’kurngan&k’lebihan kita serta m’nerima kita apa adanya…
    jadi bg kalian yg sdh resmi m’miliki psngan suami istri, disitulah kita dpt m’nemukn&m’rsakan arti Cinta Sejati sebenarnya…..
    kalo yg msh pcrn, blm smpai pelaminn, itu msih biasa saja, terang sj ada yg m’rsakn skt hati, da yg bilang cinta tu buta, brati blm m’nmukn Cint Sejati nma nya…..
    heheheeee,,,, itu m’nurut ana… salam kenal yea smua nya

  79. ea shi ka aku tau koo arti cinta seprti apa

    • Detak jatung terus berlantun langkah kaki tetap terpadu,, dalam lembaran penuh kehidupan,, cita-cita yang tinggi akan tergapai dengan penuh keseriusan,, itulah makna mencintai diri sendiri,, jika kita mencintai seseorang, kita senantiasa mendo’akannya walaupun dia tidak berada disisi kita,,, tuhan memberikan kita dua buah kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat, tetapi mengapa tuhan hanya memberikan sekeping hati untuk kita? Karna tuhan telah memberi sekeping hati lagi untuk seseorang yang harus kita mencarinya,, itulah Cinta bagiku,,,

  80. setiap manusia perlukan cinta.
    saya juga perlukan cinta.
    tapi saya tidak faham apa makna cinta.
    cinta membuad kita ragu ragu tanpa diduga.

  81. viking bonek sma saja? sma sma .. anjing

    north jak jgga? anjiing

  82. anank the jak tu ,,

    anty viking anjing …

    dan anak jak anty bonek danco

    dan nak utara paling anty yg ? nma y persitara

    nax jak paling anty sma mereka .

  83. “cinta sejati itu ada’
    jadi jangan lah sekali kali kita meng hujat ‘cinta’
    walaupun cinta itu tak selamanya mulus di perjalanan nya,tapi kegagalan sakit hati dan kekecewaan itu lah bumbu untuk mendapatkan ‘cinta sejati’ itu ! coba kita lihat ortu kit …. pasti dalam perjalanan nya tak semulus impian nya, tapi coba lihat ‘hasil’ nya …. ‘kita’ terlahir ke’dunia’ juga kan ???? :)

  84. low ngmongin cnta ga kan dha ujung”.a.

  85. Cinta Itu Indah

    Walaupun kewujudan cinta tidak bisa dilihat,tetapi cinta itu indah dan cantik. Cantiknya itu tulin dan tidak ia bertopeng.Bukan saja ia cantik malah suci murni,bercahaya gemerlap dan putih bersih.

  86. cinta . . .
    Cinta dngn seseorng. . ??
    Sngt mnykitkan. .. .
    Menyedihkan. . .
    Cnta sejati cmn adw dengn alloh swt.

  87. cinta terkadang aneh………..mungkin apa yg ku rasakan terkadang membuat hati ini gelisah,sedih,pokoknya campur2 tapi yg pasti cinta ku pd nya membuat aku jauh lebih baik dan bisa berusaha untuk iklas menerima takdir tuhan cinta ku pd nya membuat aku dekat dgn allah dan hanya pd NYA aku mohon kan agar aku di beri kesempatan untuk bisa bersatu walau aku harus menunggu hingga akhir hidup ku akan ku tunggu cinta sejati itu datang. amin……………………….

  88. Artikel na mntaabb,bsa d jdikn pljrn bg kta..

  89. manx ada CINTA SEJATI ??? kallau ada knpa akk mesti terus di sakiti ?? bahkan bnyak orng yx nglamin hal yang sama .. bahkan yg berumah tanggapun sama !!

  90. kenapa cinta sejati thu jga bisa menyakiti seseorang??????????????????????????

  91. cinta tak semua nya indah…..hehehe

  92. cinta sejati adalah cinta sampai mati

  93. cinta sejati lahir dari hati yg suci….

  94. cinta cinta dan cinta,,,, aku pun merasakan ke anehan ,,, kenapa banyak orang bilang cinta ke pada allah tapi di saat allah mengujinya, iya di berikan pasangan hidup di karunia keturunan dan harta, dia lupa akan kewajiban nya,,ke pada allah ,,

  95. cintta n naffsuu
    kbnyakkan 2hal ittu terkaitt
    ,,
    slitt watt dipilahh negatiif n posiitiff’a..

  96. sapa blh bagitahu aku kenapa dlm dunia ini mesti ada cinta sejati……???????

  97. KLAU SAYER CKP DALAM BAHASA MUKAH KORANG NAK BELAJAR TAK…..?????SAI NAMA AW…..???KENA KANALAN KHA…..????AW DIEM GAK GAN AJAW……????SABEK 6BER TEL NEW…????KENA LHA….???EHEHEHEHEHEHEHEHEHEHEHEHEHEHEHEH……………………………………???????????????????????????????????????LOL JWI…………………………………………………………..

  98. Ping-balik: Makna Cinta Sejati « vocalgroupmansinamdotcom

  99. Cinta” Gak ada stu orng pun yg bisa mngerti akan cnta

    Karna cinta itu arti ny sangat luas

    cinta emng bisa buat orng lupa dngan sglanya
    Bhkan juga cinta bisa mmbuat kita gila

  100. Cinta sejati tdk dpat di beli dngan uang tapi harus dengan pengorbanan

  101. Kalau aku sich sampai sekarang juga belum punya pacar, alhamdulillah jadinya seluruh hati aku hanya buat mencintai ALLAH, dan Nabi Muhammad

  102. Saya sangat mencintai seseorang ,tetapi orang yang saya cintai itu tidak mengetahui bahwa saya sangat mencintainya .
    Saya bingung !

  103. cinta hanyalah lhir & batin.seorang yg telah jatuh cinta kpda siapapun.klo hdup tanpa kwewahan,yg kita dpat hanyalah penderitaan, karna, malang tak dapat di raih, mujur tak dapat d tolak.

  104. Cinta itu komunikasi :D

  105. Cinta indah atw sjti pasti akan mndapat tantngan …

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s