Parkour, Buat Hidupmu!

Parkour – merupakan salah satu olahraga ekstrim yang lagi ngetren dan digandrungi orang-orang di seluruh dunia, pun di Indonesia. Terutama anak-anak muda, bahkan anak berumur 5 tahun aja udah ada yang jago olahraga parkour ini lho. Coba deh search di syeikh Youtube, pasti nemu videonya. :lol:

Eh tapi nggak tau juga deh ini termasuk olahraga ekstrem atau bukan? IMO, parkour ini bukan termasuk olahraga ekstrim tapi sebenernya merupakan olahraga yang amat sederhana. Yaitu cuma bergerak dari satu titik ke titik yang lainnya secara efektif, efisien, cepat dan tepat dengan cara melompat saja.

Yak, JUMP! Alias melompat. Itulah kata kunci dari olahraga ini.

parkour

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai definisi parkour ini bisa dibaca lewat sini.

Pertama kali aku tahu olahraga ini dari film Yamakasi, tapi cuma nonton cuplikannya doang nggak keseluruhan. Selebihnya yaa nonton lewat youtube aja. :D

Sebenernya sih aku udah tau lama, dan saat itu olahraga sekeren ini belum begitu populer. Aku sempet googling buat nyari informasi tentang parkour di Indonesia, tapi waktu itu aku cuma nemu situs Parkour Indonesia yang masih Under Construction. Makanya belum tertarik untuk praktek dengan seriyus. :mrgreen:

Nah setelah sekian lama nggak ngulik-ulik info tentang parkour, barulah kemaren-kemaren aku teringat dan mendadak langsung berminat untuk segera melatih parkour dengan seriyus. Dan pada hari minggu kemaren aku berlatih untuk pertama kalinya bareng traceur-traceur Bandung di ITB.

Ternyata berlatih parkour itu gampang-gampang susah pol! Kalo kita nonton videonya sih keliatannya gerakan-gerakan parkour yang super keren itu ya gampang deh, tapi begitu dipraktekkin sendiri wah susahnya minta ampyun – sampai-sampai badanku pegel-pegel banget kayak gini. Saat ngetik ini pun masih terasa ngilunya. Haha… :lol:

Bagaimana pun juga berlatih parkour itu asik banget! Siapapun yang bisa melompat, pasti bisa parkour. Nggak pandang usia dan jenis kelamin apakah kamu cowok atau cewek, remaja atau bahkan anak-anak sekalipun. Parkour cocok untuk siapa aja. Tapi tentunya harus tahu dan mempelajari dulu teknik-teknik dasar parkour biar bisa meminimalisasi cedera.

Olahraga parkour nggak hanya bisa bikin fisik kita jadi kuat dan sehat, tapi lebih dari itu, olahraga ini juga menyentuh aspek mental seseorang. Dibalik gerakan-gerakan parkour yang indah nan memesona itu, ternyata ada nilai-nilai filosofis yang sangat berguna dalam menjalani kehidupan.

Karena pada intinya, parkour merupakan seni untuk melewati semua masalah dalam trek kehidupan. Dalam parkour, ada rintangan seperti pagar pembatas, tembok, dan sebagainya. Ketika berhasil melewati satu rintangan dengan lancar dan sukses, hati menjadi lega. Tetapi tidak lengah untuk bersiap menghadapi rintangan berikutnya.

Begitu pula dengan kehidupan, parkour mengajarkan kita untuk tidah mudah menyerah ketika menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan. Sekaligus mengajarkan kita untuk berani melawan rasa takut dan bangkit dari kegagalan. Itulah yang aku suka dari olahraga ini. (thanks to David Belle who founded this sport)

Gilang Ramadhan dot net

4 responses to “Parkour, Buat Hidupmu!

  1. brarti sampeyan ini sudah mahir untuk kabur ya mas :lol:

  2. nga berani nyoba ah…tar patah tulang pula. :D

  3. wah udah nyoba gie.?? asik dunk..
    M sejak nulis itu trus ada ajakan buat latihan.. sampe sekrang blom sempet..kudu ke jogja sih. 2 jam huhhu..

    potonya dunk :D ntar dinggap hoax nih tanpa poto wkwkw

  4. Ping-balik: Karikatur Gilang Ramadhan | Blog Gilang Ramadhan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s