Jangan Tergiur Kuis Layanan SMS

Pernah nonton TV malem-malem? Atau di waktu primetime yang ada sinetron atau pilem unggulan? Pasti nggak bakalan kamu lewatin kalo disitu ada acara favorit kamu. Saluran TV biasanya selalu menyajikan acara ngetop alias program andalan untuk ditayangin pada malem hari, waktu tersebut dikenal dengan istilah primetime yang artinya waktu dimana jumlah pemirsa diasumsikan mencapai puncak tertinggi. Jarang banget di siang bolong ada acara yang, contohnya pilem berlabel The Best Movie, atau dapet penghargaan bergengsi, dll. Nah, disinilah para pelaku bisnis layanan sms memanfaatkan waktu primetime untuk mempromosikan produk sms mereka. Sudah pasti iklannya banyak disisipin di jeda iklan, malah lama-lama sampe bikin bete nungguin.


Belakangan ini aku sering melihat iklan-iklan yang nawarin layanan sms mereka melalui sebuah kuis, dengan iming-iming hadiah yang menggiurkan banget! Kuis sms kayak gitu mulai bertebaran banyak bak padi di musim panen. Bahkan hadiah yang dijanjikan begitu… bombastis deh, diatas normal, gitu! Malah durasi iklannya sampe dua menit. Masa sih ah cuma ngirim sms bisa dapet mobil, aduh ini mah khayalan tingkat tinggi deh! Tapi karena kemakan sama iklannya, aku cobain aja deh iseng-iseng moga aja dapet hadiah. Karena memang dari contoh pertanyaan smsnya guaaampang banget dijawab, bocah SD aja pasti bisa. Begitu terdaftar, selanjutnya yaaa… musti menjawab sms-sms quiz yang diterima yang sebenernya nggak terlalu susah buat dijawab. Satu kali terima sms pertanyaan yang bahkan ucapan selamat bergabung pun nocenggo amblas, bro! Registrasi Rp 2000, sms ke no. layanan Rp 375 belum lagi ppn-nya yang kalo dibuletin jadi 2500 alias nocenggo, gitu loh! Selanjutnya pun pulsa kesedot hampir segede itu, ya ampun! Aku UNREG aja deh, boros!

Kenapa sih pertanyaan kuis sms yang diajukan segitu gampangnya untuk dijawab? Contone: Apa nama mata uang negara Indonesia? Ya rupiah lah… Apalagi hadiahnya gede-gede banget! Hiperbolis kali ya? Hmm… menurutku ternyata ada udang dibalik batu, mereka memakai strategi jingle “semakin banyak sms yang anda kirim, semakin besar pula peluang anda menang“. Kalo diliat dari sudut pandangku jingle ini berarti gini “semakin banyak sms yang aku kirim, semakin besar kerugian pulsa yang dipertaruhkan“. Jadi, soal menang atau nggaknya itu sih cuma urusan dewi fortuna yang berhak nentuin siapa yang beruntung mendapatkan hadiah “diatas normal” itu. Karena orang yang menjawab banyak pertanyaan sms gampang itu bukan cuma aku aja, jutaan orang diluar sana juga sama bernafsunya mendapatkan hadiah yang stoknya memang terbatas, pastinya diundi lagi. Ujung-ujungnya rugi deh… Yang untung yaaa mereka lah, providernya!

Akhirnya aku nyadar, ternyata ikut-ikutan kuis layanan sms kayak gitu sama sekali nggak ada manfaatnya! Nggak peduli kek isi pesan sms layanannya kayak apa, mau ramalan, tips-tips, kata bijak, humor, dll yang seringkali dibalut dengan kuis yang mengiming-imingi hadiah besar. Padahal semua layanan sms itu bisa dicari dengan sedikit usaha lewat googling, pasti ketemu. Belum lagi semua itu kudu ditebus dengan pulsa sms yang “raib” secara otomatis. Ternyata boros, men!

Dan buat kamu yang ngincer hadiah gede-gedeannya, percaya deh nggak bakalan menang kalo hanya ngandelin dewi fortuna aja. Kalo emang bener-bener ingin menang, misalnya ingin dapet HP 3G terbaru, kirim sms sebanyak harga 3G impian kamu moga aja deh beruntung. Lagipula hal tersebut bisa dicapai dengan cara simpel, yaitu kredit aja. Kalo ga mau mikirin bunga cicilannya, mending kumpulin dulu duitnya kalo udah nyampe quota baru purchase. Nggak bikin repot, nggak bikin was-was, enak kan?

Orang beruntung yang giat, menerima keberuntungan melalui hasil kerja keras, pengorbanan dan doa. Orang beruntung yang males, hanya mengandalkan kekuatan materi dan belas kasih dewi fortuna.

So, jangan tergiur dengan hadiah-hadiah bombastis yang menggoda kamu untuk ikutan layanan sms mereka. Kecuali kalo memang menurut kamu layanan itu berguna, go ahead. Apalagi momen sekarang ini sebentar lagi tahun baruan, mereka pasti gencar-gencaran menggempur pemirsa dengan jurus jingle diatas.

Buruan kirim sms sebanyak-banyaknya… !!!😀

sms

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s