Batu Bata Bisa Putihkan Gigi?

Daripada ngeganjel terus, lebih baik saya post aja deh disini. Barangkali ada yang lebih tau, apa memang iya beneran batu bata yang biasa dipake untuk bangunan bisa memutihkan gigi? Atau anda juga sama ngernyitkan dahinya seperti saya?

*ambil anduk, ngeloyor ke kamar mandi.. byur.. byur.. dingin…*


*ya ngodol donkπŸ˜€ *

Aktivitas ngodol (baca: gosok gigi) yang biasa dilakukan saat mandi emang udah jadi menu rutin pendamping nyabun (baca: bersihin badan sambil nyanyi pake sabunπŸ˜‰ ) setiap hari. Pake pasta yang ditaruh di atas bulu-bulu khusus untuk gigi bervariasi macam, rasa dan warnanya. Ada yang manis dicicip, enak dikunyah, pedas digosok, mulai dari yang kegunaannya untuk menghilangkan bau mulut, menambal gigi bolong sampe menumbuhkan gigi ompong (yahaha.. ada-ada sajah?!πŸ˜€ ).

Yang paling banyak diminati dari ngodol ini adalah agar gigi bisa putih kinclong mengkilat seperti yang kita lihat di iklan. Tapi, kenyataannya produk modern pasta gigi nggak bisa ngasih hasil seperti yang dijanjikan. Walhasil kita pun menjadikan pasta sebagai “sabun” untuk sekedar membersihkan gigi layaknya sabun menggosok badan tapi nggak bisa membuat badan kita putih.πŸ˜‰ Meskipun dilabeli slogan “PUTIH DALAM 2 MINGGU TERUJI SECARA KLINIS”, secara pribadi saya nggak merasakan perubahan berarti pada gigiku yang memakai pasta gigi pemutih itu. Bahkan saya pernah memakainya dengan intensitas 5 waktu sehari menjelang wudu, tapi tetep aja kuning (nggak kuning-kuning amat kok.. putih biasaπŸ˜€ ).

Gimana kalo ada produk tradisionil yang bisa memutihkan gigi anda? Seperti judul diatas, batu bata bisa putihkan gigi? Apa pendapat anda? Anda mungkin mengernyitkan dahi juga seperti saya? Lalu, kenapa saya tanyakan?

Begini, ketika menjelang sore waktu saya untuk mandi. Saya selalu melihat batu bata yang udah menjadi bubuk merah halus tersimpan dalam wadah tertutup di tempat yang sama. Sebenernya saya udah tahu kalo disitu ada wadah tempat menyimpan bubuk tsb, tapi saya nggak tau dipake untuk apa? Karena selama ini saya jarang nanya itu buat apa? Baru ketika nggak sengaja tumpah, babeh ngelongok saya pun nanya, “Pak, ini buat apa?“, “Huntu.” jawabnya singkat (maklum beliau orangnya pendiem), maksudnya dipake untuk gigi. Belum puas dengan jawaban tsb, saya ngacir ke nyokap. “Mah, buat apa nih?“, “Jang ngabodaskeun huntu, alus keur huntu.” terang beliau. Maksudnya tu bubuk dipake buat gigi, katanya bagus untuk gigi. “Ah, masa?” saya heran, “Yeee… si bapak teh keur baheula ge sok make wae nu kitu, tapi ayeunamah heunteu da geus kolot.” lanjut beliau. Maksudnya, babeh saya tuh dari dulu sering make bubuk itu, tapi sekarang nggak karena memang udah nyampe kepala empat. Dan sisanya masih ada.

Eh, akhirnya saya teringat oleh nasihat nenekku yang udah lama almarhum, Emak Amih. Waktu itu saya masih duduk dikelas 7 SMP, saya pernah tanya ke beliau, “Ma, kalo buat mutihin gigi bagusnya pake apa ya?“, “Pake genteng.” jawabnya singkat. Cuma segitu aja jawaban yang saya ingat. Saya nanya karena waktu itu saya lagi beger-begernya, pengin keliatan perpek dan kasep, gitu loh! Hehe…πŸ˜€

Hmmm… *berpikir dalem-dalem..*

Genteng dan Batu bata kayaknya dibuat dengan bahan yang sama yah? Mungkin ada benernya perkataan nyak-babe dan nenekku itu. Batu bata yang udah dihaluskan menjadi bubuk dapat memutihkan gigi, atau seenggaknya bisa membuat gigi lebih bersih ketimbang pake pasta gigi modern. Gitu pikirku, makanya sejak hari minggu tadi saya mulai menggosok gigi menggabungkan pasta dan bubuk batu bata, fifty-fifty. First, saya taruh odolnya dulu setengah baru diolesin ke bubuk sampe nempel nutupin pasta. Then, shake it and joy!πŸ˜‰

Dan kalo seandainya ini bisa memberi hasil yang lumayan, saya akan meneruskan posting ini untuk kedepannya dengan memaparkan perubahan yang terjadi pada gigiku. Tapi kalo nggak ada apa-apa, ternyata memang mungkin ini hanya sekedar legenda aja…

Who knows?

*beres mandi, plong… ah, segeeer..*

12 responses to “Batu Bata Bisa Putihkan Gigi?

  1. Pengguna batu bata buat gosok gigi sih bilang katanya itu enakeun dan bikin kesat. Trus kalau pake odol beneran malah terasa ngilu. Tapi kata artikel di koran (lupa koran apa dan kapan): itu merusak email. Lama-lama gigi menjadi aus dan tipis. So jadi ngilu kalo pake odol. Produsen sikat gigi aja berlomba-lomba bikin sikat yang soft tapi efektif ngangkat kotoran tanpa merusak email.

  2. Beneran, trus gimana hasilnya?
    Saya juga tertarik. Yang bagus batu bata bikinan mana yah buat gosok gigi?πŸ˜†

  3. apa kagak hitem tuch?

    pake batu bataπŸ™‚

  4. sama,, guru saya juga pernah cerita kalau dia dulu suka sikat gigi pake genteng di sungai,,

    giginya putih,,

    tapi kayaknya kalau gigi rajin dibersihkan,, pasti bersih..

  5. #Ratna
    Iya, saya juga sering ngerasa nggak enak ketika rajin2nya ngodol. mungkin itu email saya yang ngilu..

    #Payjo
    masih dalam testing…πŸ˜€
    yang babeh saya pake tuh batu bata merah, bukan bata yang udah basi lumutanπŸ˜‰ ditumbuk sampe jadi bubuk halus.

    #dodot
    yaaa makanya jangan pake batu bata item yang lumutan hehe…πŸ˜€

    #atmo4th
    Setujuuu… Ayo kita ngodol pake batu bata!πŸ˜‰

  6. mosok sich………….?

  7. sip….tp ada efeknya pada gusi g???

  8. gua sebagi anak KIMIA kudu haTI – hati tu ma yang gituan !!!
    ada g efeknya pada bau mulut

  9. oh ,
    ada yang pernah nyobain gitu pake batu bata ,
    trus gimana
    enakeun ga ?

  10. kalo mau hasil yang bagus lagi pake batu apung (batu yang enteng)
    batu apung biasanya buat memutihkan bahan porselin yang sudah menguning yang susah dihilangkan oleh sabun.

  11. wah, bisa dcoba tuh

  12. gue juga pernah mencoba menggosok gigi dengan menggunakan bubuk batu bata setelah beberapa hari mencoba saya perhatikan tidak ada perubahan yang terlalu pada gigi saya jd saya memutuskan untuk berhenti mungkin karena gue g sabaran kali ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s