Selamat Tahun Baru Islam, 1429 Hijriah

Kalo anda diminta untuk menyebutkan nama-nama bulan dalam tahun Hijriah dengan tepat dan berurutan, belum tentu anda bisa melakukannya dengan benar. Mungkin hanya segelintir orang aja yang dapat menghafalnya diluar kepala. Beda lagi kalo anda diminta untuk menyebutkan nama-nama bulan dalam tahun Masehi, tentu takkan ada kendala berarti apabila anda menghafalnya. Anak-anak kecil pun akan begitu lancar menyebutkannya.

Kalo mau jujur, tahun Hijriah atau penanggalan Islam nggak begitu populer di kalangan masyarakat. Apalagi ditengah anak-anak muda atau ABG zaman sekarang. Meskipun mayoritas penduduk negeri ini adalah kaum Muslim paling banter yang banyak dikenal hanya bulan Ramadhan, Syawal, Muharam dan bulan Haji (Dzulhijjah). Sisanya, mungkin mereka berdalih lupa atau bahkan geleng-geleng nggak tau.

Di satu sisi, para orang tua atau kakek nenek kita yang akrab dengan dengan penggunaan sistem penanggalan Hijriah jumlahnya terus berkurang, karena dibatasi oleh usia. Disaat mereka pergi, mungkin sebagian besar nggak sempat mewariskan kedekatan dengan tradisi Islam itu kepada anak cucunya.

Di sisi lain, semakin terkucilnya kalender Hijriah dari kehidupan sehari-hari masyarakat, mungkin bisa dimaklumi. Wajar aja, sebab sistem penanggalan yang dipake selama ini adalah penanggalan Masehi. Seluruh aktivitas kehidupan, perdagangan, pemerintahan, blogging, dls semuanya berpatokan pada penanggalan Masehi.

Namun, meninggalkan tradisi luhur yang dibangun berabad-abad lalu merupakan sebuah kesalahan fatal. Karena di dalam tahun Hijriah tersimpan sejarah besar perjuangan membangun peradaban manusia. Sejarah itu telah menjadi ruh dan spirit bagi perjalanan kaum Muslim sedunia sampai hari ini. Kesanalah seharusnya kita bercermin.

Oleh karena itu, nggak terasa kita sudah memasuki tahun 1429 dari perjalanan monumental manusia paling agung bernama Muhammad SAW, pelaku penting sejarah tersebut. Angka 1429, mulai dihitung dari hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah. Sebuah keputusan yang kemudian mengubah seluruh atmosfer jazirah arab juga belahan dunia lainnya.

Penetapan penanggalan Hijriah itu dilakukan oleh Khalifah Umar Bin Khotob, setelah meminta pertimbangan dari Imam Ali bin Abi Thalib. Tepatnya, mulai diberlakukan pada tahun 638 M atau 17 H. Menurut perhitungan tersebut, 1 Muharam tahun 1 Hijriah bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622 M.

Peringatan Tahun Baru Hijriah 1 Muharam, memang nggak segegap gempita perayaan Tahun Baru Masehi setiap tanggal 31 Desember. Nggak ada tiupan bising terompet, pesta kembang api, pagelaran konser musik dimana-mana sampe ke pelosok desa, konvoi kendaraan atau lautan manusia yang menyesaki tempat-tempat keramaian.

Peringatan Tahun Baru Hijriah, memang lazimnya lebih menengok ke dalam, menjenguk rohani. Kalopun ada perayaan, lebih menitikberatkan kepada imbauan untuk meneladani jejak Rasul dalam menegakkan amar ma’ruf nahi munkar.

Setiap memasuki tahun baru Hijriah seperti ini, sepantasnyalah meningkatkan kesadaran baru dalam diri kita. Kesadaran bahwa usia kita semakin berkurang, sementara persiapan untuk menyongsong kehidupan abadi di penghujung usia, boleh dibilang masih jauh dari cukup. Teruslah berintrospeksi untuk memperbaiki diri, meningkatkan dan memperbanyak amalan ibadah juga kesadaran untuk terus memelihara semangat hidup dan selalu bercita-cita menjadi manusia yang berguna bagi sesama dan lingkungan.

Mengutip nasihat Aa Gym, kerjakanlah mulai dari hal yang kecil, mulai dari diri kita sendiri dan mulailah sekarang! Tahun Baru Hijriah 1429 merupakan momentum tepat untuk memperbaiki amalan-amalan ibadah kita yang kelak bakal menjadi bekal menuju kehidupan abadi yang diridhoi Allah SWT.

Selamat Tahun Baru Islam, 1429 Hijriah

6 responses to “Selamat Tahun Baru Islam, 1429 Hijriah

  1. met tahun baru hijriyah, bro…
    tapi kok nggak ada kembang api 👿

  2. selamat tahun baru hijriah yah🙂

  3. ass.very good !aku setuju dengan tulisan yang kamu buat.benertuh.manusia manusia zaman sekarang paling ngerasa dirinya hebat,islam but…..kalu ditanya cuma bisa menang sendiri.tuh lihat gara gara indonesia jadi negara bego mau aja agama islam tuh dibagi bagi.padahal islam tuh cuma satu,satu nabi,satu aliran,satu tuhan ya nggak.top deh tulisannya,very-very good

  4. Memang sudah semestinya setiap diri memaknai setiap pergantian tahun dengan sebuah perenungan, melihat sejenak ke belakang, hal-hal apa yg kurang dan mesti diperbaiki, termasuk memancang tekad untuk segera berhijrah dari segala sifat-sifat buruk menuju kepada sifat-sifat terpuji, yang bukan sekedar harapan, namun segera diusahakan & diwujudkan dalam ikhtiar nyata dengan senantiasa memohon bimbingan dan pertolongan dari Allah SWT..Insya Allah.

    Salam kenal🙂

  5. Selamat Tahun Baru,

    Kenapa tidak kita mulai menyusun berbagai planning itu di tahun baru hijriyah. Target kehidupan,rencana kerja, atau bahkan planning harian. It’s Our self…

  6. #Abeeayang™

    met taun baru hijriah juga, bro…😀

    #aRuL

    sama-sama🙂

    #indonesia_girl

    tul, saia s7… makasih apresiasinya..😉

    #Fakhrurrozy

    Insya allah…

    salam kenal juga, ahi…🙂

    #yendra

    justru itulah maksud tulisan saia, segera buat planning untuk di eksekusi di hari-hari yang akan datang. dan momen tahun baru Hijriah ini adalah momentum tepat untuk restrospeksi amalan ibadah kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s