Tips Jika Menghadapi Writer’s Block

Tentu pastilah anda sebagai seorang Blogger sering mengalami kebuntuan menulis atau istilah kerennya Writer’s Block. Ketika mengalami seret ide, mungkin anda akan merasa bete kalo kelamaan berkutat terus menerus dengan pikiran kosong melompong. Bingung, padahal syahwat untuk menulis begitu menggebu. Writer’s Block ini bukan hanya dialami oleh Blogger Pemula seperti saya, tapi juga oleh Blogger Kawakan sekalipun pasti sering menghadapi kebuntuan menulis ini.

ide.gif

Nah, kebetulan saya menemukan “obat” yang memuat beberapa kiat sederhana untuk melawan “penyakit kambuhan” ini😀 sekalian saja saya pake share disini untuk masyarakat Blogger semua.

Save Your Favorite Post
Simpan tulisan anda yang paling bagus menurut anda. Bacalah kembali disaat anda merasa terlalu kritis pada diri sendiri sampe nggak berdaya untuk memproduksi sebuah ide. Hal ini akan mengembalikan rasa percaya diri yang akan menyemangati anda untuk mulai menulis.

Change Your Point Of View
Cobalah untuk menerawang apa saja yang anda tulis dari sudut pandang berbeda untuk sementara waktu. Hal ini akan membuat anda merumuskan suatu ide secara objektif dan secara kreatif sekaligus, serta memompa semangat anda untuk menulis.

Take The Distance
Seringkali anda harus membiarkan tulisan anda terbengkalai untuk sementara dan memberi kesempatan kepada alam bawah sadar anda untuk “meneruskan” tulisan itu. Cobalah anda pergi jalan-jalan kemana pun yang anda suka, atau kerjakan apa saja yang lain selain menulis dan kembalilah setelah pikiran anda fresh.

Break The Role
Runtuhkan kebiasaan anda menulis pada waktu-waktu tertentu. Cobalah menulis pada waktu dan tempat yang berbeda dari kebiasaan anda. Makan di restoran tradisional yang baru dibuka, belanja di pasar yang berbeda, hang-out di tempat yang berbeda, weekend dengan melakukan sesuatu yang baru atau mengambil rute lain ketika pulang menuju ke rumah. Melakukan sesuatu secara berbeda memungkinkan anda untuk menangkap ide dengan cara baru dan mengekplorasinya dengan pengalaman baru yang nggak pernah anda lakukan.

Change Your Writing Tool
Kalo selama ini anda biasa menggunakan komputer atau laptop sebagai pengolah ide, sekali-kali coba menuangkan ide dengan mesin ketik atau tulis tangan kemudian rampungkan tulisan anda dengan text editor favorit anda.

Change Your Work Sphere
Dunia ini sangat luas, bung! Temukan tempat baru untuk menulis, jangan hanya menulis ditempat itu-itu wae. Sebab hal itu dapat menyumbat ide anda untuk mengalir dengan lancar. Parkir bilmo atau tormo anda di tempat dengan pemandangan yang indah dan mulailah menulis. Atau di taman dekat rumah anda, atau di loteng anda yang ditemani dengan langit biru, atau dimana saja yang menurut anda nyaman untuk menuangkan suatu ide. Intinya, untuk membuat perubahan suasana. Dengan berubahnya suasana, berbeda pula cara anda meramu ide.

Disscuss It With Kids
Betulan ini! Coba bicarakan topik yang anda tulis pada anak-anak! Bahkan kalo mereka nggak sepenuhnya memahami subjek yang anda katakan, anak-anak umumnya memiliki pendapat yang unik dan menggelitik yang mungkin tanpa anda sadari dapat membantu anda melihat sebuah topik dari sudut pandang yang sama sekali berbeda.

Reading Book And Newspaper
Tips yang paling sederhana untuk memecah kebuntuan menulis anda adalah dengan membaca buku atau koran. Sebab, dengan membaca buku anda dapat memperoleh sumber imaginasi pun informasi yang hangat dicuap-cuap dari koran dan itu bisa dijadikan untuk menghimpun ide baru.

Blogwalking
I think you’re understand what I does mean?

*mendadak buntu*

Sekian tips dari saya, semoga “penyakit kambuhan” anda “lekas sembuh” dengan obat-obat racikan saya diatas. Heheh..😀

*mencoba minum obat sendiri*

*hmm.. manis. coba lagi ahh.. telen empat pil sekaligus*

*whexxss… kok jadi pahit?*

*akhirnya, overdosis seperempat modar*

:mrgreen:

17 responses to “Tips Jika Menghadapi Writer’s Block

  1. biasanya kalo lagi mentok saya… tidur😆

  2. iya, memang mantabb tu boss!!

    hehe…😀

  3. Jangan lupa, pengalaman juga sebuah ide…😀

    Setidaknya beberapa tulisan saya bermula dari apa yang saya alami…

  4. oh iya.. betul, dit.. masukan ditampung!

    *saya kan belum berpengalaman😀 *

  5. rrr…. denger musik…???

    saran saya my immortalnya evanescene… stel di volume 58 aja udah bisa bikin lancar pikiran….

  6. kalo saya,,,
    makan!!! hehehehe…

  7. #Andrew Anandhika Wijaya & #sezsy
    waaa.. kalo saya nulis sambil dengerin musik atau makan, bakal nggak konsen deh. eh malah keasyikan/keenakan ngedengerin musik/makan daripada nulis. jadi, ide saya keseringan buyar kalo suasananya seperti itu
    😀

  8. oh… emang orang beda-beda kali ya… kalo saya malah bakal lebih konsen ke nulisnya sampe kadang satu lagu saya ulang-ulang karna ada bagian yang kelewatan karna konsen ke nulis😛

  9. kalo saya malah kadang kebanyakan yang mau ditulis.. bingung sendiri deh.. hhe..

  10. Urang mah sangenah hate we mun hayang nulis mah…

    Mun kabeneran aya ide terus aya waktu jeung eweuh masalah nu leuwih penting tibatan nga-blog… nya pasti we urang langsung ngajedog di hareup komputer sabari ngetik postingan.

    Tapi ide yang paling bagus adalah ide yang berasal dari pengalaman sendiri (satuju sama adit)

  11. Temukan tempat baru untuk menulis, jangan hanya menulis ditempat itu-itu wae.

    sayangnya saya cuma bisa nulis di depan kompie rumah saya. mo mindah kompie kok males…

  12. kl mentok g bs nulis ya ………….nyanyi aja kale….

  13. Berdiri dan berjalan dengan mode lambat ke arah garasi, ambil motor lalu ngebut keluaran sembari mencari warung kopi yang masih di buka. Lalu ngopi sampai puas, tar pas dengar si tetangga lagi pada menggosipin sesuatu, pasti muncul deh ide di kepala😆

  14. setuju sama bagian blogwalking.
    Nih saya lagi buntu juga😛

  15. Ping-balik: Yang hilang di era informasi itu telah kembali | Welgedewelbeh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s