Think Twice Before You Type, 4JJI

Akhir-akhir ini saya sering melihat tulisan atau komentar di berbagai blog dan situs web yang menuliskan kata 4JJI, yang maksudnya ingin menyebut nama Allah SWT. Namun bila anda tahu makna dari kata 4JJI, mungkin anda harus berpikir ulang untuk menggunakannya.

4JJI adalah singkatan dari For Judas Jesus Isa.

Kata diatas awalnya mungkin sebatas seni teks dalam sms atau chat, tetapi bisa saja itu adalah salah satu propaganda orang-orang yang anti-islam untuk menandakan lemahnya orang-orang Muslim akan sejarah Nabi Isa AS. Mereka berpikir kaum Muslimin mudah untuk diperdaya dan diadu-dombakan. Sehingga gampang terjadi perpecahan dalam umat Islam.

Asal-usul kata tersebut saya tidak tahu menahu berasal dari mana? Tapi yang pasti, sebaiknya yang tidak jelas atau banyak pertentangan tidak usah diikuti. Ikuti saja apa yang pernah di ajarkan oleh Rasul dan Al-Quran. Dua itu saja sudah cukup, insya Allah tidak akan tersesat dan tetap istiqomah. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan yang nggak jelas.

Menghindari lebih baik daripada mengobati, cukup menulis dengan nama Allah SWT, tidak perlu pakai singkatan yang kita sendiri mungkin belum tahu apa artinya.

Wallahu ‘alam

12 responses to “Think Twice Before You Type, 4JJI

  1. iya, saya juga pernah denger itu ada singkatannya.. tapi kalaupun ada teman yang SMS pake seperti itu, biarin aja.. ketidaktahuan bukanlah dosa.. bukan begitu, gie? hhe..

  2. Yup, pernah dapet ini ari forward YM…

  3. wah, gw jga pernah denger tuh soal itu. emang sih pemikiran orang suka beda-beda. ya, tulis aja ”Allah SWT” dalam sms. Biar gak ada kontroversi lgi. hehe.

  4. wohoho… aku juga sering make tulisan begituan. Itu mah bergantung persepsi kita sama2… toh kita semua juga semua satu persepsi bahwa maksudnya adalah “Allah SWT”

    Itu mah hanya gunjingan kecil, yang menurutku tak perlu dibesar-besarkan

  5. cuman dihubung-hubungkan saja itu

  6. hm… maaf setahu saya itu termasuk hoax,
    1. kata “Judas” tidak pernah dan tidak akan pernah disandingkan dengan kata “Jesus” —>sumber beberapa teman saya yang kristiani
    2. pemeluk kristiani yang taat jarang yang menggunakan kata “Isa” untuk menyebut nama tuhannya. mereka lebih memilih “kristus”, “al-masih”, atau sebutan-sebutan pengangungan yang lain. —>sumbernya sama dengan yang lain
    3. saya termasuk salah seorang yang pertama (mungkin) menyebarkan kata 4JJ1 sebagai pengganti tulisan Allah, dengan alasan : lebih kreatif, tidak menyerupai orang non islam. terserah mau ikutan atau ga, semua terserah anda ^-^

  7. @dajal007; yup bener banget itu hoax!!

  8. Hemat saya penulis awal “4JJI” yang maksudnya “Allah” merupakan kreasi dalam ber sms tanpa maksud negatif apapun. Kemudian oleh orang tertentu, dengan maksud tertentu pula (yang negatif) disebutkanlah singkatannya “For Judas Jesus Isa”. Apalagi kalau kita simak komentar “kang dajal007”, singkatan itu hanya kira2 saja, ki sunda suka menyebutnya dengan “kirata”.
    Ya kalau dikhawatirkan akan terjadi yang demikian tulis saja “Allah SWT”. Jangan sampai kita terpancing dengan hal-hal demikian, terima kasih tulisan ini memaksa kita untuk berfikir, sakali deui nuhun.

  9. Jadi awalnya 4jji teh naon atuh?
    Kalo singkatan, ya apa?
    Kalo disingkat, aneh juga ya, kata Alloh disingkat 4jji. Hemat satu huruf?

    Dah ah mending juga dengerin For Once In My Love nya Stevie Wonder,
    Lagunya keren. Suaranya keren, musiknya juga keren.
    Eh katanya sih istrinya juga keren.
    Ada yg dah pernah liat istrinya stevie Wonder? Geulis nteu?
    ———————-
    ———————-
    ———————-
    ———————-
    ———————-
    ———————-
    ———————-
    ———————-
    Boro- boro nya,
    Stevie Wonderna ge lom pernah liat,

  10. #all
    ehmm…
    mungkin hanya karena saya khawatir akan sesuatu peristiwa negatif yang akan terjadi karena hal ini. maka, saya pikir tak ada salahnya untuk mengingatkan.

    baiklah, makasih atas semua komentarnya.

    *Comments turned Off*