Batagor, Paru-Paru Blogosphere

“Keren pokoknya. Mudah-mudahan bisa berkunjung lagi ke Bandung.” Terang Ina memberikan testimoni tentang kopdar yang baru-baru ini alhamdulillah sudah terlaksana dengan lancar dan sukses. Bahwa Komunitas Batagor yang baru memasuki usia 3 bulan ini pada tanggal 9 Maret 2008 telah menyelesaikan cerita asyik dari kegiatan “bebersih bandung yuk!” dengan tema “JILID DUA : Taman Hutan Raya” yang berlatar belakang GREEN di TaHuRa, Dago, Bandung.

Layaknya bibit pohon yang ditanam ke dalam tanah, tentu kita tahu bahwa yang pertama tumbuh merekah bukanlah dedaunannya melainkan sebuah tunas pohon yang masih berukuran kecil dan rapuh. Seiring berjalannya waktu, tunas pohon itu tumbuh perlahan-lahan sedikit-demi sedikit sampai memiliki batang yang kuat hingga muncullah ranting-ranting, dari ranting-ranting itu tumbuh lagi ranting yang bercabang di setiap rantingnya. Kemudian tumbuh, tumbuh dan terus tumbuh. Setelah itu di setiap ranting dan cabang-cabangnya nampaklah dedaunan hijau nan segar bertebaran di segala arah mata angin. Bergoyang lembut mengikuti irama angin, berdiri diatas kayu yang tangguh sembari memberikan nafas kehidupan bagi makhluk hidup lainnya.

Komunitas ini kini tampaknya sudah memulai metamorphosis dari tunas pohon kecil menjadi pohon muda yang cukup kuat untuk menumbuhkan ranting-ranting beserta cabang-cabangnya agar bisa mengakomodasi Si Daun Hijau. Perubahan itu mulai kelihatan dari event Batagor kemarin yang ceritanya…

Ehm…

Wah..

Pokoknya rame banget deh!๐Ÿ˜€

Pada kopdar kali ini banyak wajah-wajah daun-daun baru yang marak ikut menghijaukan Tahura. Acara yang sedianya dilaksanakan pada pukul 8:30 teng ternyata melenceng lagi dari sasaran, dan baru pada pukul kira-kira 9:30 acara langsung dimulai dengan sesi peliputan oleh kru MTV What’s Up. Orang pertama yang paling antusias dan sangat bersemangat untuk diinterogasi tak lain tak bukan adalah Michael Ellinsworth, sang admin Batagor.net.

Misi Utama

Singkat kata, setelah semua pasukan blogger berkumpul di lokasi. Misi utama event kali ini pun segera dieksekusi, yaitu mengitari Tahura untuk memburu onggokan sampah yang menghiasi pemandangan hijau di jalanan. Selama misi dalam proses, para Blogger terlihat enjoy berjalan kaki sambil memunguti sampah. Saking enjoynya mereka bisa menyempatkan diri untuk menyambangi goa-goa historis peninggalan zaman koloni yang diselingi dengan acara jepret-jepretan kamera untuk mengabadikan momennya.

Saya sendiri disaat misi sedang berlangsung berada di posisi yang paling belakang, lebih banyak memungut sampah ketimbang bergaya ria. Meski saat itu hujan belum turun, tetesan keringat mengalir membanjiri kepala. Mungkin karena tentengan barang yang saya bawa cukup banyak, badan dan kaki saya pegelnya langsung terasa saat merehatkan diri. Bahkan setelah sampai rumah, masya allah pegel-pegelnya kumat lagi. Sakitnya kentara banget, pol! Ditambah pilek yang terus merengek… uhuk.. uhuk.. batuk pun ikut menyeruduk. Lunglai deh…๐Ÿ˜ฆ

Sekedar catatan, beberapa hari belakangan ini saya memang lebih banyak melakukan aktivitas fisik. Terutama keluyuran bermain futsal sampai tengah malem. Minggu kemarin itu saya lakukan kurang lebih 7 kali dalam satu minggu. Mungkin itu penyebab utama saya yang jadi gampang diserang penyakit seperti itu? Emm.. Minggu ini saya akan coba deh mengevaluasi jadwalnya, dengan cara menolak setiap ajakan main futsal dari temen-temen. Moga aja nggak tergiur lagi dengan bujukan yang macem-macem..

But, I’m fine now…

Meet, Eat And Greet

Setelah misi utama tuntas, kami semua digiring ke rumah yang teduh untuk mengisi perut. Aha! Iya iya, “Inget batagor.net Inget makan”๐Ÿ˜† Hidangan-hidangan yang disajikan oleh para panitia Batagor memang selalu membuat nafsu makan menggebu-gebu๐Ÿ˜€ Hidangan utama yang terdiri dari nasi, tahu, tempe, ketimun, salad, daging ayam plus sambelnya kemudian ditutup dengan berbagai makanan santai seperti kacang-kacangan, pisang yang dicincang kecil-kecil, sampai kue bolu coklat yang rasanya sangat menggigit walaupun dikasih sedikit oleh Tante Angga. Umm… yummy!๐Ÿ˜‰

Overall, semua hidangannya berasa lezatos dan bikin kenyeng semua isi perut para blogger.๐Ÿ˜€

ina.jpg
ira.jpg
Oleh-oleh dari Makassar๐Ÿ˜›

Ada yang mengesankan dari cerita jilid dua ini, selain diliput oleh kru MTV, kopdar ini juga ikut dimeriahkan oleh blogger luar kota dari angingmammiri.org, blogger Ngalam, KBBC, dan lainnya. Mereka rela menyempatkan diri jauh-jauh untuk menyambung tali silaturahmi dengan Batagoris dan saya harap tali silaturahmi ini dapat disambung lagi pada waktu yang akan datang sehingga rasa persaudaraan sesama blogger akan semakin erat terikat. Insya allah mereka sebagai tamu kami telah dilayani dengan sebaik-baiknya.

ina-gie-rara.jpg
Ina and Rara were very friendly to me

Sebuah pohon adalah sumber kehidupan bagi makhluk lain di sekitarnya. Ia menjulang tinggi mencakar langit, mengayomi siapa saja yang berada didekatnya. Meski terus diterjang berbagai macam marabahaya, ia tetap berdiri tangguh melayani kerabat alam. Walau nampak rapuh dari luar, ia takkan pernah berhenti mengerahkan segenap kemampuannya demi satu tujuan mulia yang sikapnya patut kita tiru, yaitu peduli sesama.

Saya do’akan semoga Komunitas Batagor tetap eksis dan konsisten menunaikan sikap seperti yang ditunjukkan oleh pohon tersebut. Semoga daun-daun baru Batagor semakin merebak banyak di segala penjuru kota Bandung sampai ke pelosoknya, sehingga amanat nurani yang kita emban akan semakin mudah apabila dijalani secara bersama-sama. Pohon adalah paru-paru dunia dan Batagor.net adalah paru-paru blog-o-sphere.๐Ÿ˜‰

Saya ucapkan terima kasih pada semua blogger yang telah ikut meramaikan kopdar kali ini. Jonas Photo, Cahaya Keramik, PIKIRAN- RAKYAT, Rase-FM, KLCBS 104.40 FM, ACE HARDWARE, MQ Radio, McD,ย Benteng Cisadane, Cahandong dan blogger Ngalam. Khususnya untuk Aki Herry atas segala akomodasi, tiket serta segala tetek bengeknya, Kang TH atas tumpangannya, Ina, Rara, Debe, Tante Angga dan lainnya yang tak bisa saya sebutkan satu-persatu.

Buat Batagoris yang tidak bisa mengikuti kopdar kali ini dan ingin melihat acaranya in action, silakan tonton aja sebagian cuplikan acara dari video streaming dibawah ini.

Video-video streaming lainnya ada dibawah ini (3GP Movie) :

1. Tante Angga Coming At Last

2. Meet, Eat And Greet

3. Go To Home Base

4. Kumpulin Sampah

5.ย Cleaningย Inย Actionย (adaย Narutoย loh!);ย ย part 1, part 2.

6.ย Fullย Streaming;ย part 1, part 2, part 3, part 4, part 5, part 6.

Silakan didownload, nggak perlu pake ngantri.

๐Ÿ˜€

Thx & Joy! ^_^v

18 responses to “Batagor, Paru-Paru Blogosphere

  1. Seneng kemaren bisa ikutan Kopdar Batagor, pengalaman pertama buat sayah, jadi nambah banyak temen, terima kasih juga buat BLOGIE ya, sayah masih nubie di batagor udah disambut dgn ramah,

    3Gp sayah ada gak? hihihi
    *kabuuur

  2. link KBBC diganti jadi blogerbenteng.com dong๐Ÿ˜€

  3. wah hebat ya masih muda sudah tapi sudah memilliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan…… Btw Sha boleh ikutan gabung g ? Sha juga punya impian untuk bisa buat acara seperti ini.

  4. huhuhu ada youtube nya
    keren ih…

    kopdar batagor bebersih 2 ini mang keren juga banyak yang datang dari luar
    keren lah….

  5. wah, seru juga, ya..

  6. Fotonya kurang banyak ! :mgreen:

    Eh, nggak berat bawa 2 X-Banner itu ?๐Ÿ˜†

  7. Ping-balik: Bebersih Bandung Jilid Kedua - Article | Chaos Region | Incorporated

  8. satu kata, keren…
    hihihi

    -IT-

  9. sori gak bisa ikut….

    kena tipes…..๐Ÿ˜ฅ

  10. ya , kayaknya saya ketinggalan
    kok nda ada yang informasiin ama saya ya
    sedihnya hatiku ini

  11. Ping-balik: Hari Yang Melelahkan « Myresource

  12. ah…ada foto ina…

    *tutup windows*

  13. wah slamat2… sukses slalu dah๐Ÿ™‚

  14. chatoer
    Kopdar pertama memang selalu menjadi precious moment.:mrgreen: Hihi… Sami-sami™๐Ÿ˜‰

    Emm… Aya atuh! Tapi di file Full Streaming.3gp dan kayaknya tak bisa saya aplot sini. Cos gede banget sih ukurannya.๐Ÿ˜ฆ

    Maaf aja ya

    edy
    Sudah dikoreksi bos๐Ÿ˜‰

    yeszhan
    Kami hanya mau belajar untuk peduli lingkungan dan sesama..
    Boleh dong! Gabung aja nanti kalo ada event terbaru dari Batagor.net. Oke oke!๐Ÿ˜‰

    hevi.fauzan๐Ÿ™‚

    Huhuu…๐Ÿ˜ฆ
    Nggak ada foto saya ya?

    bedh
    Hehe..๐Ÿ˜€

    Lain kali kalo datangnya nggak telat saya sorot bedhiah aja deh ya.. Biar tambah keren lagi.

    Gyahaha…:mrgreen:

    zam
    Zap!๐Ÿ˜‰

    Michael Ellinsworth
    Sorry boss no more stock photos available..๐Ÿ˜›
    Sudah banyak yang jadi fotografer, makanya saya jadi kameramen aja.๐Ÿ˜€

    Berat tauk! Cuman sayanya yang nggak mau ngeluh, jadi nggak banyak yang tau kalo saya kelebihan beban.๐Ÿ™„

    irvan123
    -IT- lebih keren lagi.
    Coz gayanya, Diam-diam menghanyutkan..

    Hihi..๐Ÿ˜€

    Petra Barus
    Nggak apa-apa, kang..
    Moga cepet sembuh yaa..
    Saya do’ain..
    ๐Ÿ™‚

    realylife
    Jangan bersedih hati, senyumlah wahai saudaraku…๐Ÿ™‚

    Biar nggak ketinggalan informasi lagi, klik terus Batagor.net. Yah?

    *promosi detected*
    :mrgreen:

    cK
    Nah lho! Emang kenapa cK?๐Ÿ™„

    aRuL
    Makasih, rul๐Ÿ™‚

  15. Ping-balik: (¯`·._.·Ina PuRpLeHoLiC·._.·´¯)

  16. Ngabsen, trackbacknya kok gak kekirim ya๐Ÿ˜•

  17. QJeIoY nnbsrluhugli, [url=http://thrbjdaaehcm.com/]thrbjdaaehcm[/url], [link=http://xfngeqsbraom.com/]xfngeqsbraom[/link], http://zzfoufzqlvti.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s