Jomblo? Santai aja pol…

curhat_mode = On
sense_of_humour = On

Bagi penggemar band Gigi, pasti udah apal ama lirik lagu yang dilantunkan Armand Maulana, sang vokalis. Apalagi kalo ditanya judulnya? Pasti pada ngacungin tangan. Tapi plis deh, yang belom make Rexona jangan ikutan ngacung ya (Lah, ini iklan ya?). Bukan apa-apa sih, takut baunya dituduh sumber polusi udara, gitu.. Hehe…πŸ˜†

Selain enak didenger, easy listening, lagu itu juga turut andil mempopulerkan istilah “jomblo” di kalangan anak-anak muda. Liriknya seolah-olah menyingkap kegundahan hati seseorang yang belum punya gandengan. Lah wong truk aja bisa punya gandengan masa doi nggak. Betul ga? Yap, betul…! Tapi ngomong-ngomong, jomblo itu apa sih? Iyyhh… mulai tulalit deh!

Secara bahasa, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jomblo itu artinya perempuan tua yang nggak laku-laku alias perawan tuwir. Tapi seiring berjalannya waktu, terjadi perluasan makna pada kata jomblo. Kini, jomblo diartikan sebagai julukan “trendy” buat mereka (baik cowok maupun cewek) yang masih nyorangan alias single, belum punya pacar, atau belum punya soulmate. Pokoknya masih enak nyendiri aja (atau memang situnya belum ada yang ngajak jalan barengan?).

Perdebatan seputar jomblo

Di dalam dunia pergaulan remaja, perdebatan tentang status jomblo nggak kalah serunya dengan debat capres yang baru-baru ini mulai menghangat. Banyak yang menyatakan pro, tapi nggak dikit juga yang kontra.

Bagi yang pro, mereka dengan enjoy bilang “It’s teu nanaon to be jomblo”. Predikat itu bukan masalah bagi mereka. Justru mereka begitu menikmati hidup tanpa pasangan. Sebagai bentuk dari rasa syukur mereka, ada diantaranya yang bikin perkumpulan dengan nama Jojoba alias Jomblo-Jomblo Bahagia, ada juga yang tergabung dalam komunitas Kelompok Jomblo Ceria yang disingkat Kejora. Malah ada yang menamain dirinya, Ijo Lumut yaitu Ikatan Jomblo Lucu dan ImutπŸ˜† (ehm… boleh juga tuh). Mau gabung? Jangan salah pilih. Pilihlah komunitas yang oke visi, misi dan programnya (duwileee…). Yowis, jitak terus! Hee..πŸ˜€

Mereka ngerasa keberadaan sang pacar malah bikin ribet. Kebebasan en kreativitasnya kayak dipasung gitu loh! Deket-deket dikit aja ama lawan jenis, dicemburuin. Nggak mau nurutin kemauan “sang yayang”, dibilang nggak sayang. Nggak bales SMS atau miskol aja ngadat. Nggak nraktir makan atau nggak nganterin pulang dibilang nggak cinta lagi. Malem mingguan datang telat malah disangka selingkuh. Punya pendapat berbeda eh malah dicemberutin. Kalo udah gini mah, tentu aja menjadi jomblo itu lebih asik ketimbang pacaran. Jadi punya otoritas penuh buat nentuin langkah kakinya sendiri mau belok kiri kek, serong ke kanan kek atau mau lurus-lurus aja terus tanpa intervensi dan pembatasan dari orang lain. Mereka juga ngerasa nggak membebani orang lain untuk memenuhi keinginannya-keinginannya sendiri. Nggak heran kalo para jomblo itu begitu bahagia dan ceria menikmati kesendirannya yang walaupun diliputi kesunyian. Uhuy!πŸ˜‰

Sementara yang kontra, mereka juga punya argumen yang nggak kalah dahsyatnya. Bagi mereka, menyandang status jomblo itu seperti kutukan (wew.. serem amat). Soalnya hidup tanpa curahan kasih sayang dari lawan jenis ibarat sayur tanpa garam. Sunyi, garing bin kering kerontang. Apalagi di kalangan remaja banyak yang menobatkan pacaran itu sebagai simbol pergaulannya. Alamat bakal tersisih dari pergaulan dan memanen kata-kata sindiran serta cibiran yang pelan tapi dalem dan bikin kuping panas, kalah deh pantat penggorengan. Seperti yang dialami trio dara jomblo Gwen, Keke dan Olin dalam film 30 Hari Mencari Cinta yang dituding jadi lesbian cuma gara-gara nggak punya gacoan. Gimana nggak gondok? Ya nggak nahan.. deh!

Makanya bagi kaum anti jomblo, nggak punya pasangan bisa bikin stress, depressi, desperate dan jadi beban pikiran yang berat. Gejala ringan sih mungkin cuma uring-uringan nggak jelas, mimik ngiri ngeliat temennya yang pacaran, atau krisis percaya diri karena tak kunjung laris (emangnya jualan apa?). Tapi bagi yang udah akut banget, gejalanya bisa parah. Karena nggak kuat lagi menahan rasa malu, gunjingan, ejekan, atawa sindiran, orang bisa menarik diri dari pergaulan sosial atau malah terdampar di Rumah Sakit Jiwa. Bukannya kita nakut-nakutin yaa, cuma bikin kamu parno aja. Huuu… sama aja atuh!πŸ˜†

Kelompok yang kontra ini ada yang sampai mendeklarasikan berdirinya sebagai PJI alias Partai Jomblo Indonesia pada pemilu mendatang.πŸ˜€ Mereka memperjuangkan hak dalam mendapatkan jodoh. Mengingat ada diantara mereka yang terkena dampak buruk dari rolek alias risiko orang jelek. Loyalitas mereka dalam perjuangannya terukir dalam semboyan yang menggelitik semangat, “Jomblo itu pedih, komandan…!” Walah.. walah..!πŸ˜€

Mendingan jomblo daripada maksiat

Sob, dari hari ke hari opini media yang memojokkan para jomblo semakin tak terkendali. Remaja kian diarahkan untuk berani mengekspresikan rasa sukanya kepada lawan jenis dengan berpacaran. Setel tayangan-tayangan sinetron di tipi, tiap hari ngajarin cinta-cintaan yang tolol, manja, sekuler dan ah.. pokoknya geblek deh. Belum lagi ditambah acara-acara gosiptaintment yang menjamur dimana-mana bak cendawan di musim hujan, membuat permasalahan cinta menjadi problem utama dalam hidup manusia. Kedekatan seorang selebritis dengan lawan jenis dikupas habis dengan bumbu sana-sini yang macem-macem, bahkan hal yang sebenernya sepele pun diekspos ke publik. Aksi “penembakan” yang dilakukan remaja diabadikan dalam “Katakan Cinta”. Cinta yang muncul dalam waktu singkat pun ada di “Cinta Lokasi”. Perselingkuhan di antara mereka sampai-sampai diadukan ke “Detektif H2C” atau dengan pembuktian lewat “Playboy Kabel”.

Parahnya, remaja mengkomsumsi semua tayangan diatas setiap minggu bahkan setiap hari. Seolah-olah mereka membiarkan reality show itu mencuci otaknya, sehingga dapat dengan gampang teraplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya. Cinta… cinta… dan cinta… Tiada hari tanpa ngobrolin cinta. Otomatis secara psikologis ada beban tersendiri dalam perkembangan jiwa mereka. Malu binti nggak pede dalam kesendiriannya. Merasa terkucilkan disaat kebanyakan temen-temennya udah pada punya gebetan meski baru usia belasan tahun. Pengaruh media kini telah mendorong murid-murid SMP untuk Saatnya Mencari Pacar juga. Waaa… bisa berabe euy lamun kieu mah!

Maaf-maaf, bukannya kita mau membudidayakan status jomblo. Bukannya mau ngelarang temen-temen jomblo untuk nyari pasangan. Bukan juga mengajak para jomblo untuk tabbatul (membujang, red). Tapi kalo upaya pelucutan label jomblo selalu berujung pada aktivitas pacaran, mendingan tetep istiqomah aja menyandang status jomblo. Seperti pepatah bilang, biar jomblo asal selamat dari aktivitas maksiat. Setuju?πŸ™‚

Tolak ukur kepribadian, HQ + Jm = JI

Sobat-sobat sekalian, istiqomah dengan status jomblo bukanlah sebuah aib yang harus disesali. Karena derajat manusia dihadapan Allah tidak dinilai berdasarkan predikat ini. Itu berarti kaum jomblo punya peluang yang sama besar dengan para alumninya yang udah pada merit untuk dapetin pahala Allah yang berlimpah. Jadilah High Quality Jomblo di hadapan Allah. Caranya?

Pertamax, HQJ nggak melulu dinilai dari penampilan fisik seperti yang disyaratkan dalam “Katakan Cinta”. Tapi dinilai dari keterikatannya dengan aturan Allah. Ini berlaku untuk setiap perbuatan dia. Dari bangun tidur sampe tidur lagi. Sehingga melahirkan sikap akhlakul karimah. Dengan tetangga sebelah akur, nggak sungkan ngasih pertolongan sama orang lain sesuai kemampuannya. Anti sikap individualis bin egois. Santun dalam bertutur kata dan menyampaikan pendapat. Bersikap tegas tanpa harus bertindak keras dan selalu terbuka untuk menerima perbedaan pendapat.

Keduax, seorang HQJ nggak dosa punya tampang yang memikat hati. Itu juga kan anugerah dari Allah, ya mesti disyukuri. Tapi bakal dosa loh kalo anugerah itu dipake buat tebar pesona sana-sini. Apalagi sampe diobral, emangnya produk sisa ekspor? Ya nggak la yauw..!

Ketigax, seorang HQJ juga harus pandai memanfaatkan masa kesendiriannya. Waktu, pikiran, tenaga dan isi dompetnya nggak dihabisin buat ngurusin cinta yang nggak mutu. Tapi dioptimisasi untuk mengekspresikan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya. Kegigihan dalam menuntut ilmu dan rezekinya semata-mata demi kesejahteraan umat. Ngasih porsi yang lebih besar dari waktu yang dimilikinya untuk terjun ke dunia dakwah atau kegiatan sosial.

Itu sebabnya, doi aktif ngaji, getol dakwah, melakukan aksi sosial, sopan dan taat syariat. Malah ada juga loh diantara mereka yang prestasi akademisnya berbanding lurus dengan kecintaannya terhadap perjuangan menegakkan agama. Karena doi yakin Allah akan memberikan yang terbaik untuknya. Ajal, rejeki, jodoh, kebaikan, keburukan, dls semuanya di tangan Allah Yang Maha Kuasa, yang Dia hanya perlu mengucapkan Kun fa yakun..

Rasul SAW pernah bersabda : “Tidak layak seseorang, ketika menyaksikan suatu tempat yang di dalamnya ada kebenaran, kecuali dia akan mengatakannya. Sesungguhnya sekali-kali hal itu tidak akan pernah memajukan ajalnya dan tidak pula mencegah apa yang telah menjadi rejeki baginya.” (HR. Al-Baihaqi)

Nah sob.. Tiap orang pantas dan pasti menjadi HQJ seperti diatas (kecuali yang udah merit kali ya). Jangan minder meski tampang pas-pasan. Kuncinya cuma satu, ridho ngikutin aturan Allah yang original dalam keseharian kita. Bukan cuma aturan bajakan yang doyan neko-neko ama sekulerisme dan sodara-sodaranya. Sebab hanya buat yang aslilah Allah akan ngasih garansi 100%, nggak cuma seumur hidup, tapi dunia akhirat! Di akherat kita selamat, di dunia kita bisa jadi anggota JI.

Hah!? JI?! Wesswey.. Ssst… Jangan bilang-bilang ama polisi ya? Tar digerebek pasukan interpol antiteror lagi.πŸ˜† JI disini artinya Jomblo Idaman.

Giituuuwww looowwwhhh…πŸ˜€

P.S. Udah jelas “O ow.. Kamu ketahuan..” kalo saya emang jomblo.. Gyahahaha… :))

NB : Need an Account? Get One Free, Sign Up Now!.

50 responses to “Jomblo? Santai aja pol…

  1. Sering terlihat memang bahwa yang jomblo sering ‘tertindas’ oleh yang udah punya pasangan. Tapi biasanya orang-orang jomblo itu pikirannya akan berubah dari sebelumnya kalau mereka udah punya pacar dan akhirnya gantian ‘menindas’ juga.:mrgreen: Padahal setiap orang sudah ada jodohnya masing – masing.

  2. Kurang satu…

    IJO SEMANGKA = Ikatan Jomblo Semangat Kawin…:mrgreen:

  3. IJOT belom masup!πŸ‘Ώ
    Ya udah, tak doain jadi jomblo abadi deh si abang ini…:mrgreen:
    *difecut*

  4. IJO SEMANGKA??? hwehehehe semangat kawin ga da pasangannya… mau kawin sama monyet?? hahaa iklan bgt.. Hidup Jomblo Idaman!!!!
    gokil nie artikel.. aku dapet artikel ini di http://www.lintasberita.com/Hiburan/Jomblo_Santai_aja_polhellip/

  5. StreetPunk
    Biasanya orang yang belum berpengalaman pacaran emang gitu, kalo lagi jomblo trus pacaran, pasti deh dia ngintimidasi yang jomblo. tapi buat yang udah ngecap asem manis pacaran tentu nggak bakal mau jatuh di lobang yang samaπŸ˜€

    Just like me.. hee..

    aniwei.. thx 4 da comment
    πŸ™‚

    adit-nya niez
    Kyahahaha…πŸ˜†
    Mantebbb bosss!!!:mrgreen:

    Cabe Rawit
    Di dunia ini tak ada yang abadi, cab…πŸ˜‰

    chaiiaankπŸ˜†

  6. jomblo ituh enak… tapi lebih enak punya pacar………. keluh !

  7. Jomblo itu enak…

    tapi menikah itu paling wuenak…wekekeke…

    *ngikut atas*

  8. STMJ aja lah = semester t’akhir masih jomblo……kekkekke

  9. chatoer
    Pacaran emang enak tapi madorotnya banyak.
    Tapi, jomblo lebih enak karna manfaatnya lebih banyak.πŸ˜†

    zahra
    Betul!
    Merit lebih enak dari pada ngejomblo atau pacaran.πŸ˜›

    kumanzπŸ˜†

  10. siapa bilang jomblo itu enak.
    sepi merana sendiri….

    ku tak mau…

  11. blogie kamu cute!!

  12. Terserah…
    Tiap generasi punya pandangan sendiriπŸ˜›

    Iya iya makasih..

    *pipi memerah padem kayak udang kepanasan*
    :mrgreen:

  13. jomblo emang enak, gak ada yang ngatur, males aja ngejalanin komitmen, kul dah sibuk… tapi pacar bisa juga jadi penyemangat ya? duh, jaid bingung

  14. Huhu…
    Tetep istiqomah aja ya, mas…πŸ™‚

  15. jomblo….. ga selamanya dunk….setiap manusia punya jodoh masing2 tinggal usaha aja lebih giat tuk hunting hehehehe……

  16. Jomblo itu lebih baik ketimbang harus masuk IMAHO !!!

    Pengertian jomblo tuh apa?? Gak punya pacar??

    Kalo pengertian Jomblo sesempit itu maka dipastikan saya akan JOMBLO SEUMUR HIDUP !…. karena saya sudah berjanji gak akan pacaran (juga dalam arti sempit).

    Kalo memang udah ada keinginan ya salurkan dengan cara gentle dan beradab… bukannya gitu??

  17. elieh
    Iya betul. Tapi da aku mah masih seneng nyendiri aja…
    Hee..πŸ˜€

    purmana
    Udah pernah disalurkan dan sekarang nggak mau disalurkan lagi..
    Mending tar langsung kawin aja…πŸ˜›

  18. STMJ aja lah = semester t’akhir masih jomblo……kekkekke

    Bujannya gini
    STMJ= Situ Terlahir Menjadi Jomblo

  19. Jomblo kok jadi beban…:mrgreen:
    saya nyantai aja tuch.

    *yg masih menunggu pangeran tampan berkuda putih di pojokan jalan*

  20. 4ri3find:mrgreen:

    Moga aja nggak…

    Ina
    Siapa bilang jadi beban? Dari judulnya aja aku bilang, “Santai aja, pol…”
    πŸ˜›

  21. Wah bagus artikelnya
    ANe gak kuat jomblo
    pengen nikah aja

  22. Semoga cepet ketemu jodoh impiannya ya, mas…πŸ˜€

  23. ikutan nimbrung ya mas..mas blogie.. q bis ptus ma cwo..dan baru tobat maw ngejomblo..coz q maw jadi yang halal baginya..jadi dari pada maksiat,dan baru semester papat,masih kuat buat nahan nikah, mending putus dan ngejomblo..moga kuat..amiin..

  24. wah. setuju dah.pny pacar mang enak sih. ada yang peduli, ngejagain, nemenin. tapi…………. klo kseringan berantem capek deh. yang iya malah bete. so lebih enak jomblo ktimbang stress sampe ktm calon suami yg bner2 ok.

  25. nisa
    Amin..

    Pat pat gulipat…
    moga kuat menahan godaan maksiat

    Pat pat gulipat…
    Kalo sudah siap, cepat-cepatlah menikah…
    πŸ˜€

    nely
    begitulah yang aku rasain…

    Lama-kelamaan pacaran tuh jadi ngebetein ya..
    Tanggung deh, mending nikah aja langsung..

  26. jomblo………….why not?????????????????
    bebas taw

  27. ya emank klo jomblo tuh lebih asyik dari pada punya pacar tapi ngebebanin

    da tambahan ni boeat blogie

    pat pat gulipat
    biar lambat asal tepat

    pat pat gulipat
    klo dah dapat langsung sikat

  28. morin
    B-)

    dah taw nanya…
    πŸ˜†

    4ri3find
    Haha…

    pat pat gulipat
    ngebebanin emang berat

    pat pat gulipat
    sekali sikat langsung nikmat

    *gosok gigi itu mah*πŸ˜›
    :mrgreen:

  29. Ping-balik: Gilang Ramadhan » Blog Archive » Tips Memikat Hati Cewek

  30. bener mas, ak jg ru pts ma cow ku. alasannya ya tu td, pacaran bnyak mudorotnya, tapi gmna kalu masih kangen ma dia?masih sayang ma dia? tiap hari masih mikirin dia?pusing kan? apalagi secara ga terkendali perasaan ini muncul terus……. hayo…musti gmn tuh coz lama2 cape jg mikirin tyus..

  31. jomblooooooooooooooo………………….biasa aja kali……………………

    yang penting kan jomblo kelas tinggi,heeeeeeeeeeeeeeee

    BLOGie…………………..cakep bgt siyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

  32. JOMBLO,,,,,,,,?????
    bkin pusing tau ngak,bgiQu g’ enk tpi skrg gue jomblo.
    Pahit,getir dech rsaNe!!!

  33. Pcran g pnting
    Enkan jomblo g prlu skit ht

  34. Jomblo sjti g prlu smpe mati.
    Jomblo Boleh mncntai tp tak hrus memiliki.
    Jomblo sjti ta’kan skt hti.

  35. jombloooooo…..
    bikin pusing tau,,,
    punya pacar mlh tambah pusing… weleh”,,,
    kadang jomblo nyenengin’
    kadang punya pacar jg nyenengin,
    itu hidup…. jadi jalanin aj,,
    ASALLLLL…. jgn ngerugiin orang lain,,,πŸ™‚

  36. Waduw jomblo kata2 it cocoky buat sapay. . .tp walaupn jomblo jgn kalah ma yg udh py gebetan,kalo hya gebetan tiap hari maksiat buat ap hayo. . . mendingan kan jomblo tp dg sarat bidikrillah,
    Utk lbh jelsy kawin aj kan umur dh kepala 2(atas,bwah)kalo kgak dpt yg di incr ya cri aj yg pntg ad l0bgy he he he:-D

  37. gu3 pnh pcrn sx j nnyesel’a mnt ampn
    cz skrng gu3 mlh mshan dg dia
    mndng gu3 dlu shbtn j x y
    n g mshan dg dia.

  38. Aku justru nggak mau jomblo malah..πŸ˜› Padahal uda 2x pacaranπŸ˜†

  39. Calam knal muriru
    U g ngrasain p zg gu3 rsa’n cih

  40. Bila mencintai hrs siap(=)

    1.cnta pda ALLAH=meng’IMANI
    2.cnta pda kitab=mengaji
    3.cnta pda rosul= meneladani
    4.cnta pda pacar=patah hati

    BTul g?

  41. Lam kenal deh..

    priasanepo.blogspot.com >>

    Consultant and Investigator of Love

  42. hemzzzzzz ,,,,gue mau coba tuk jomblo duluach,,,,,,,, coz ,,, pacaran ,,,cuma bisa sakit hati gue,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, hidup to para JOMBLO,,,,,,,,,,

  43. JOMBLO. . . . .biaza ja.,.,.,

  44. jngn prnh m’mtskn suatu iktn klo km emg g bs mncntai dya N mnyayanginya” oky SO enjoy aja lagi. bebaskan diri kamu……..

  45. kalau jomblo sih…..ya bebas aja kemana mana g’ ada yang ngelarang, kalau ada istri huh ga’ bebas.

  46. hahaa kalo aku jojoba aja dech…..hmhmhm

  47. HGMJ……Hari Gini Masih Jomlo.
    sabar belom saatnya
    kwkwkwkwkwkwk

  48. We absolutely love your blog and find the majority of your post’s to be just what I’m looking for.
    can you offer guest writers to write content to suit
    your needs? I wouldn’t mind publishing a post or elaborating on some of the subjects you write with regards to here. Again, awesome blog!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s