SPAMMING SMS Kampanye?

Ternyata bukan hanya dari acara-acara kontes pencarian idola aja yang menguntungkan operator seluler. Kali ini operator seluler bakal mendulang fulus segunung dari parpol yang akan berkampanye pada pemilu 2009 nanti. Beberapa waktu mendatang ada regulasi baru yang menyangkut kampanye via SMS.

Hm.. Efektifkah itu? Apakah tidak menjamin adanya penyalahgunaan dari parpol untuk sembarangan mengirimkan SMS (Spam)?

Di butir peraturan yang semuanya berjumlah lima butir disebutkan bahwa parpol tidak boleh melakukan push sms :

โ€œOperator wajib menjaga kerahasiaan data pengguna ponsel sehingga baik parpol, capres, cawapres dan calon anggota DPD tidak boleh melakukan push sms ke semua pelanggan. Melainkan hanya ke konstituen atau simpatisan yang terdaftar.โ€ [ Sumber ]

Lha? Ngapain ya parpol memboroskan uang untuk mengirimkan sms kampanye ke simpatisan mereka? Ah, itu sama aja dengan menabur garam ke laut alias mubazir!

Atau jangan-jangan, saya bukannya berprasangka, tapi kenyataan bahwa selalu ada saja kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh parpol menjelang pemilu untuk meraih tampuk kekuasaan. Hal itu bisa membuat masyarakat ilfil, dan cenderung menjadi golput.

Dengan aturan baru kampanye via SMS ini kemungkinan nanti kita bakal diserang SPAM SMS kampanye secara bertubi-tubi. Bahkan, katanya kampanye ini nggak hanya lewat SMS aja, tapi diperbolehkan juga berkampanye via ringtone, ringback tone, dll. Weleh.. weleh.. Siap-siap aja menyaksikan duel obral-gombal terseru di layar hape anda. He…๐Ÿ˜€

Dari 5 butir aturan yang ada, nggak ada yang menyebutkan bahwa masyarakat mempunyai hak untuk menuntut jikalau terjadi penyalahgunaan dalam mengirim kampanye lewat SMS.

Hm.. Saya aja udah nggak ngerasa nyaman dikasih sms spam sama operator selular langganan, apalagi kalo nanti di-spam oleh SMS kampanye?

Wuih… aksi spamming bakal nyebar-luas kemana-mana nih!๐Ÿ˜•

Semoga saja Mbah Akismet nggak loyo…:mrgreen:

33 responses to “SPAMMING SMS Kampanye?

  1. Coba ada spam filtering ya di Hape.

  2. Saya beberapa hari lalu sempat marah-marahin operator TELKOMSEL, karena mereka sering ngirim SMS ga penting (iklan, promo, diskon, dsb). Parahnya tuh SMS kadang dikirim pas malem2 atau dini hari…. Mengganggu banget !!!

    Lalu ayah saya juga pernah protes sama operator Indosat, karena layar stand-by hp nya dihiasi iklan oleh operator tersebut. Layar yng seharusnya bertuliskan INDOSAT dan Nama Wilayah, malah berganti jadi “Disc. 10 % all item at *****”……๐Ÿ˜•

    Takutnya nanti operator malah memanfaatkan momen ini untuk mencari uang. Maklum sekarang tarif kan dimurahin, maka iklan2 seperti sms itulah konsekuensinya

  3. walahh… masih sempet2nya bahas kayak beginian..

  4. Ya gimana ya cara menangkalnya? Telkomselpun, saya pelanggan hallo, kini suka nganggu dengan aneka SMS yang tidak diperlukan. Kadang bikin sebel.

  5. @deniar
    Hm…
    Katanya di hape versi Symbian ada lho aplikasi sms spam filtering…
    Coba googling..๐Ÿ˜€

    @purmana
    Weh…
    Baru tau kalo ada iklan pas hape sedang standby. Kebangetan euy!
    Tapi, ya memang itulah konsekuensi dari tarif yang serba murah…๐Ÿ˜•

    @t4rum4
    Makanya diulas singkat, karena saya nggak setuju dikirimi sms spam dari opsel.

    @Ersis Warmansyah Abbas
    Pasang aplikasi spam filtering?
    Atau minta jangan dikirimi sms spam kayak gitu sama opsel.
    Hm.. Gimana ya?๐Ÿ˜•

  6. Horeeeee…. berarti nanti pas jaman kampanye hape gw ga sepi pengunjung lagi doooong…. ga sia-sia lah gw punya hape, akhirnya ada yg merelakan pulsanya untuk ng-sms-in gw…. *LOOOOOHHHHH*

    “mudah-mudahan ga ada peserta kampanye yg baca komen gw… tar gw bakal masuk list sasaran empuk buat ngirim sms spam*

    hihihihi

  7. berat nih…

    gw ga sejauh itu…
    ๐Ÿ˜€

  8. segalanya sudah ada spam sekarang, tidak ada lagi privasi… gimana inih palagi waktu kemarin pake Esia *langsung sebutin nama saja* :mrgreen:telat ngisi dikit langsung maen telpon nyuruh ngisi… capcay deh…๐Ÿ˜›

  9. mending kampanye nya bliin gw pulsa ajah๐Ÿ˜†

  10. @andi
    Hayah… Ada selebritis neh..๐Ÿ˜†

    *siap-siap di sepam deh, bro*๐Ÿ˜€

    @sososibuk
    dibawa enteng aja kalo berat mah..๐Ÿ˜›

    @hakimtea
    Hu uh iya kekna dimana-mana sekarang banyak aksi spamming!
    Privasi pun dah jadi korban…
    capcay bihun deh..๐Ÿ˜†

    @FaNZ
    Enak aja cuma lo yang dibeliin, gw juga mau dong..๐Ÿ˜›

  11. wah.. untung saya golput…. *apa hubungannya ya?*

  12. wew untung saya masih dibawah umur 17 th…. biar gak kena gituan…:)
    salam kenal from SKI SMAN 1 SURABAYA

  13. wah bisa gak ya nyaingin Automattic buat bikin spam filter di SMS๐Ÿ˜€

  14. gak setuju ama kampanye lwt SMS..
    bikin inbox hape penuh teu puguh wae..๐Ÿ˜ฆ

  15. begitulah ulah para politisi kita, mas gie, boros dan suka hidup bermewah2. ini nanti kan ada itung2annya. kalau jadi dah pasti deh, dsalam sebelum modalnya dah kembali, kekekeke๐Ÿ˜€

  16. @fenny
    iya saya juga golput, artinya terima sms kampanye –> nggak ngaruh –> sama dengan BOROS!!

    @smasaski
    Spamming nggak kenal waktu, tempat, umur dan jenis kelamin. Teteup aja wee kena. Tapi ujung2nya yaa nggak akan nyoblos juga kan.. Hehe..

    Salam kenal juga..๐Ÿ™‚

    @petra
    Halah.. realistis aja, kayaknya nggak mungkin deh sampe bisa nyaingin automattic.. kekeke..๐Ÿ˜€

    @dEEt
    Hu uh.. bikin males pula ngapusin smsnya satu per satu…๐Ÿ˜•

    @Sawali Tuhusetya
    Takutnya, ulah para politisi itu ditiru masyarakat luas ya, pak.. Bukannya ngajarin untuk hidup hemat dan sederhana. Lha, ini dari cara kampanyenya aja udah jor-jor-an. Ngabisin dana yang pastinya bermiliaran rupiah. Coba kalo dananya dipakai buat kepentingan banyak.. pasti lebih bermanfaat yak..๐Ÿ˜•

    Hehe.. iya dong pastinya diitung2in dulu bujet yang musti dikeluarin. tapi da ujung2na mah modal bakal balik lagi..๐Ÿ˜†

  17. Salam
    bener tuh siap-siap denger rayuan maut menjelang pemilu๐Ÿ™‚

  18. mendingan tuh parpol bikin blog aja deh,, spamming comment..

  19. Siyap-siyap masang sopwer SMS Blocker, da Ponsel….. ๐Ÿ˜†

  20. makin ga bener aja deh ya,,sebetulnya YLKI bukannya udah ngasih tau ke konsumen bahwa tindakan itu bis akok dilaporkan jika yang bersangkutan merasa terganggu

  21. jangankan kampanye melalui SMS penipuanpun tidak tertangkal

    info penipuan :

    http://asahannews.wordpress.com/2008/07/25/modus-penipuan-baru-melalui-hp/

  22. makanya regulasinya mesti bener-bener tegas.

  23. NB: sekalian mampir di http://www.kotasubang.wordpress.ocm ya. thxs

  24. Walah, saya belum pernah nerima…

    (penasaran mode : on)

  25. Wedew ………. Hmmm……….Makannya! CoBLOS PARTAI BERUANGGILA di pemilu 2009!
    Tanpa janji2 ……
    Ya iya lah ….. wong gak terdaftar!
    Gmn mau janji2!hihihihihihihi

  26. klu ada yang kampanye ngasih bandwith ama domain ama hosting gratis…. wuhhh…..๐Ÿ˜€

  27. kampanye sms spam….
    wah,bakaln golput ah…… biar kgak penuh inboxnya๐Ÿ˜€
    lagian partai skarng kn 34, pussiiiiiiiiiiiing jadinya awak…..!!!

  28. iyah, mudah-mudahan aja mbah akismet nya tambah sakti.

    biar ga ada yang kampanye lewat koment di blog.:mrgreen:

  29. Wah, blom prnah nerima sms gtuan. Hummm hummm….

  30. jangan sampe dapet deh, hidup golput, hihi, piss

  31. Buat teman2 yang ingin berkampanye gratis atau mengucapkan salam lewat sms silakan kunjungi blog saya: http://sinuraya.wordpress.com/

    Terima kasih.

  32. Kampanye lewat SMS bila tidak hati-hati maka akan membuat penerima SMS kesal, untuk itu diperlukan tips dan trik khusus, serta memberikan pertanyaan sebelumnya kepada penerima SMS kampanye apakah mau menerima SMS kampanye.

    Bagi anda yang ingin mencoba SMS Kampanye bisa menggunakan SMS Center yang bisa didownload versi gratisnya di http://aswandi.or.id/2009/01/03/software-nixsms-sms-center-versi-gratis/

  33. Ping-balik: Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 « BLOGIE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s