Le Baran

Salamlekum…

Tradisi lebaran di keluaarga gue tuh ampir ga ada. Paling yang selalu bertahan dari tawon ke tawon cuma mudiknya aja. Berhubung kampung gue deket, cuman di Lampung. Apalagi gue di Lampung buntutnya doang. Di Teluk Betung. Pasnya Gang Gemini. Yah, meskipun gue cewek Leo, apa boleh buat…๐Ÿ˜€

Tawon ini yang bikin mudik seru adalah gue mudik bareng keluarga gue tapi mobilnya nebeng ama Om gue. BBM naek, coy! Bisa bangkrut bokap gue kalo bawa mobil sendiri. Mending nebeng ama Om gue yang kebetulan emang sendiri aja bawa mobilnya. Jadi daripada tu mobil kagak ada penghuninya, mending family gue nebeng. Ye, kan? Prinsip ekonomi yang dianut keluarga gue=”Pengorbanan sekecil-kecilnya, untung sebesar-besarnya” (Kalo Pa Wisnu ga percaya, tanya aja ama Bu Sri, guru Ekonimi saya!)๐Ÿ˜†

Jadi, itu mobil Kijang Kapsul warna marun metalik itu penghuninya bejibun. Ada gue, bokap, nyokap, Om gue (adeknya bokap-empunya mobil), adek-adek gue yang ada dua biji, sama Om gue yang dari nyokap. Ada juga dua sepupu gue-dari bokap. Giling, kan?? Mobil yang harusnya cuma dihuni tujuh butir manusia, malah diisi sepuluh ekor? Yah, masa yang kagak muat mau diketeng? Ya pasti satu mobillah…

Yang rese, adalah bawaan masing-masing penghuni. Gila! Sepanjang perjalanan terpaksa gue nongkrong lantaran di kaki gue seharusnya berpijak, malah dipadetin ama bebekel. Pake bawa Aqua Buah segala-lah (kata bokap, takut di Lampung ga ada. Ga tanggung-tanggung, bokap stock tiga kardus!). Yah, kram dah tuh kaki gue. Jongkok di mobil, meringkuk pula. Karena kalo gue belonjor, Om gue sama adek gue mau dikemanain? Mo dikantongin?

Tapi gimana pun juga, mudik tetep aja seru. Sekaligus nyapein! Gue yang biasanya tidur jam 10-stengah 11, malah tidur jam lapan! Capeknya ga keluntungan! Nah, kan setorinya udah sampe Lampung nih. Di rumah Nenek-dari nyokap-yang gede (maklum deh, dulunya percetakan. Tapi karena dijoqul, tanahnya dibeli almarhum Ngkong gue dan dibangunin rumah).

Nah, gue sampe di kampung pas H-2. jadi, di rumah gue belom pada masak tupat. Baru sibuk bikin kue. Kue yang dibikin itu-itu aja dari tawon ke tawon, dari masa ke masa (Cieh…๐Ÿ˜€ ). Paling kue nastar, kue keju (tau kan? Itu loh, Kastengel. Tapi ga pake Royco!), kue Kaag (semacem kue kering warna cokelat. Gue ga doyan! Abis rasanya aneh. Setelah gue liat behind the scene-nya… Pantes aja rasanya aneh! Lagian, bikin kue pake tumbar, jinten, lada, kapolaga… kayak mo masak aja?), trus juga kue sagu (sekalipun udah dimodif pake keju, tetep aja gue ga doyan!), sama kue Putri Salju pesenan adek gue dibikinin. Paling udah, itu doang.

Sama satu lagi, kue yang butuh seharian dan biaya ga sedikit (tenaga apalagi!). yaitu kue lapis. Lapis coklat adalah menu yang hadir tiap tawon, ga pernah alpa (apalagi sakit dan ijin. Madol juga ga pernah!).:mrgreen:

Tante gue (dan gang-geng-gongnya) sebenernya males bikin kue. Soalnya nyapein banget! Paling juga kuenya jarang dimakan orang. Orang-orang kan pada blenger makan kue yang sama di rumah laen. Tiap abis lebaran, pasti tu kue ais karena dirampok mak gue buat dimakan di Jakarta.

Tapi, ya gimana dong? Masa lebaran ga bikin kue? Lagipula, Nenek gue pasti nyerocos ngebawel seharian kalo emang ga bikin kue. Bukan seharian lagi kali: seumur idup! Emang sudah tradisi… (Jadi inget iklan biskuit)๐Ÿ˜€

Nah, kalo kue udah beres, baru nenek gue yang bikin ketupat besokannya. Jadi, sekitar H-1, deh! Masak sayurnya, dan semuanya! Paling tante gue+mak gue cuma bantuan yang ketil-ketil aja. Sayur tupat nenek gue tuh cuma semur daging, kari ayam, ama sayur marak (sayur khas keluarga gue dengan daging kambing yang jadi bintang utamanya)๐Ÿ˜€

Pernah denger Kerajaan Tikus โ€˜CuRuT-CuT’ ga? Nah, Kerajaan itu terletak di rumah Nenek gue. Tikusnya rumah Nenek gue tuh masya Allah… Segede-gede macan! (Cieee…๐Ÿ˜† emang ada, tikus segede macan?) jadi, kalo misalnya tupat udah mateng, tradisi di keluarga gue tuh nti nenek gue tidurnya melok baskom tupat. Jadi, ga dimakanin tikus.

Nah, malem takbiran deh tuh! Keluarga gue sih ga ngapa-ngapain. Om gue malah nostalgila ama temen-temennya yang di kampung. Maen ke rumah mereka dan jalan bareng. Bininya lagi di kampung-Purwakarta. Gantian, kemaren bininya ikut mudik ke Lampung, sekarang Om gue diajakin ke Purwakarta malah ga mau.

Sedangkan keluarga gue ngumpul aja. Paling mak gue nongkrong di bale belakang ama tante gue dan gang-geng-gongnya (eh, serius! Tante gue di rumahnya nge-geng, loh! Anggotanya ada 7 orang-2 cowok, 5 cewek termasuk emak gue) ngumpul en setori-setori kocak. Kadang gue nimbrung. Pokoknya, bale itu sering banget nyaris rubuh lantaran kekocok orang-orang yang ketawa di atasnya.

Berhubung nenek gue nenek gaul, maka Beliau nongkrong juga di rumah sodara kembarnya yang cuma berjarak dua rumah berikut. Nti kalo nenek gue udah nelepon minta pulang, baru pada bubar. Itu artinya malem udah terlalu larut (emang gula?) dan berarti tante plus emak gue udah ga butuh temen ngobrol lagi.

Yang paling gue empet, HP rang-ring bunyi. SMS lebaran dari semua temen-temen gue. Maunya sih dibalesin. Tapi, ga punya pulsa, brur! Jadi gue diemin aja sambil gue kirim jawabannya via telepati. Kali aja nyampe, hihi…๐Ÿ˜€

Besoknya kan lebaran, tuh? Pagi-pagi banget gue udah dioprek-oprek suruh bangun dan siap-siap sholat Ied. Gue mandi en pake baju baru, trus gue barengan bokap gue sholat jamaah ama ngkong gue yang dari bokap dan adek pertama gue di lapangan Polres Teluk Betung.

Eh iya, selama ini bokap gue di rumah or-tunya. Jadi dia ga nyampur ama mak gue. Nah, nti gue ke sono pas lebaran doang. Ama pamit mau balik ke Jakarta. Gitu…

Pulang sholat Ied gue ke rumah Nenek dari bokap dulu. Ngejenguk-lah. Sekitar dua jam kemudian gue balik ke rumah Nenek nyokap. Sampe situ, orang-orang udah pada menor dandan buat menyambut tamu sekalian ngider ke tetangga-tetangga. Gue sih tergantung mood. Kalo lagi mood, ya gue ngikut mereka. Kalo nggak, ya gue tunda ampe besok. Alhamdulillah, lebih sering nggak mood…๐Ÿ˜†

Nah, jeda antara berangkat silaturahmi sama gue tiba di rumah itulah yang gue gunain buat sungkem dan maaf-maafan sama seisi rumah. Kecuali kompor, kipas angin, dan perkakas rumah kawan-kawannya. Karena gue ga pernah merasa berbuat dosa ama mereka. Buat apa minta mangap? Eh, minta maap…

Sebelom jalan ngider, kita (elo ama kebo?) ngecas tenaga dulu dengan makan ketupat. Begitu udah kenyang, energi terisi kembali (cieh..) baru jalan. Sekitar abis asar baru pulang…

Di keluarga gue ga ada tuh tradisi anjuran Pa Wisnu, yaitu ngenalin pasangan (cieh..) ke or-tu. Waaah! Kalo misalnya gue kenalin, bisa-bisa BUSER tayang dua kali! Ada kasus pembunuhan di hari raya Idul Fitri, pelakunya or-tu gue. Korbannya gue dan cowok gue!๐Ÿ‘ฟ bokap-nyokap gue kan alergi banget ama lawan jenis. Indikasinya adalah bawel en cerewet ples nyeramahin gue panjang lebar kalo udah menyangkut lawan jenis.

Lagipula, โ€˜habitat’-nya kan di Bandung… dan dia ga mudik. So, lo taulah… Mana gue ga punya pulsa lagi, jadi kan ga bisa SMS-an ama dia…ihix! Sedih aja! Tapi biarin, biarpun orangnya jauh di mana, yang penting hati dan cintanya selalu ama gue… (CIEH!!!! PD banget, tuh?!)๐Ÿ˜†

Udah, setelah seharian ngiter-ngiter dan capek, palingan tidur lebih awal. Jam sepuluh aja udah kagak ada nyawa. Mata pada tinggal lima watt semua. Nggak kuat lah yaw, capeknya!

Di keluarga gue sih, ga ada yang namanya lebaran hari ke dua. Hari ke dua ya udah normal lagi. Palingan yang ga berubah ya dandanan menor yang kemaren dipake lagi. Buat nyambut tamu yang nggak sempet mampir pas hari pertama kemaren.

Dan kalo gue perhatiin di warga sekitar yang emang penduduk asli, kayaknya gitu juga deh. Ya, maksudnya ga ada istilah lebaran hari ke dua, atau lebaran ketupat seminggu setelah satu Syawal.

Hari pertama diabis-abisin tradisi dan semua acara outdoor-nya. Hari ke dua udah mulai tenang. Paling orang deket yang belom sempet dateng doang yang silaturahmi. Kalo yang jauh-jauh ya di hari berikutnya sampe semua dateng.

Nah, dari tulisan gokil di atas, dapat gue ambil kesimpulan. Bahwa, hari lebaran itu selamanya seru! Selamanya rame! Selamanya asik! Tapi, biar gimanapun juga gue selalu sedih kalo lebaran. Karena, dengan begitu gue meninggalkan RAMADHAN yang selalu gue rindu selama setahun. Kira-kira taun depan ketemu lagi ga ya?

AMIN!!

PS. Le Baran dalam bahasa Perancis artinya Idul Fitri๐Ÿ˜€

PSS. Cerita ini bukan tulisan saya, tapi cerita yang dibuat oleh si Mantan saya. Hihi…๐Ÿ˜ณ

PSSS. Mumpung hari ini masih dalam suasana lebaran, sebelum terlambat saya mau ngucapin Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1429 H. Mohon maaf lahir dan batin. *kek di iklan aja ya* hehe… Mohon maaf ya teman-teman semua, bila akhir-akhir ini saya jarang lagi blogwalking apalagi posting blog… Maklum kini koneksi internet saya kian terbatas, apalagi Bluetooth Modemku kemaren-kemaren dicuri entah sama siapa dan belum ada gantinya. Uh, apes…๐Ÿ˜ฆ *yaa curhat deh*

*sungkem*

6 responses to “Le Baran

  1. hai Gie. Met Idul Fitri ya, mohon dimaafkan lahir & batin…

  2. waduh, asiknya…

    Klo saya mah serasa di acara Jika Aku Menjadi. di lampung, tepatnya PALAS. Kalian bisa tau bagaimana kehidupan di “desa”.

  3. Hai Gie… Met Lebaran yak ! Mohon maaf lahir batin๐Ÿ™‚

    ps: si Uma mah katanya seneng pas bagian naek ferry nyebrang ke Lampung nya doang tuh hahaha…

  4. lampung Oooohh…..
    Kangen sama naik kapal cepetnya sama nasi Uduk Toha di karang.
    kapan ya bisa maen aja kesana???
    Pringsewu(seribu bambu) atawa sewu kutha (didi kempot)
    *nggak nyambung*
    Mohon maaf lahir bathin

  5. waaaaahh….
    mudik lebaran yang seruu eeeeeuuyy…..
    sayang sayah gak bisa mudik coz gak punya kampung eeuuyy huehuhue :p

    Maaf Lahir Bathin yaaacchhh๐Ÿ™‚

  6. gie kamana hungkul??

    huuhuhuhu

    maap lahir batin yaaaah๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s