10 Ilmuwan Paling Jenius Sepanjang Masa

Mereka dikenal karena otaknya jenius, temuannya yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dunia. Khususnya di bidang pengetahuan iptek dan sains. Selain itu mereka juga populer karena nyentrik, agak gila, dan penuh kontroversi.

Siapa sajakah mereka? Ini dia 10 ilmuwan paling gila versi LiveScience.com.

1. Albert Einstein

Albert Einstein
Parodi kartun dan komik tentang Einstein banyak dibuat hingga masa kini. Mulai dari rambutnya yang amburadul atau ekspresi wajahnya yang dibuat “melet” atau teorinya sekalipun. Tak bisa dibantah penemu teori relativitas ini sudah jadi selebriti dunia sains. Namanya bahkan identik dengan kata genius dan gila itu sendiri.

2. Leonardo da Vinci

Leonardo Da Vinci
Menyusul popularitas Einstein adalah Leonardo da Vinci. Novel Da Vinci Code, tokoh komik, isu bahwa ia gay adalah bukti bahwa seniman dan ilmuwan Italia ini memang sangat terkenal. Ia juga diketahui sangat nyentrik. Peninggalannya berupa tumpukan buku sketsa, aneka aplikasi teknologi, mesin, tetap abadi sepanjang masa.

3. Nikola Tesla

Nikola Tesla
Kalau yang ini, namanya sempat dikenal sebagai sebuah kelompok musik rock. Sebenarnya sesuai, sebab penemu radio nirkabel dan generator AC inilah yang memulai era elektrik di akhir abad ke-19 dan awal abad 20. Tesla dianggap gila sebab berani mendemonstrasikan bagaimana ia memakai tubuhnya sebagai konduktor listrik.

4. James Lovelock

James Lovely
Dikenal sebagai ilmuwan berwawasan lingkungan dan penemu hipotesa Gaia. Konsep perubahan iklim yang kini diributkan banyak orang sudah diusungnya sejak beberapa dekade silam. Lelaki kelahiran 1919 ini pernah memprediksikan bahwa tahun 2100 akan terjadi kematian massal terhadap 80 persen umat manusia. Wow! Akan terbukti jugakah?

5. Jack Parsons

Jack Parson
Jack Parsons dikenal sebagai salah satu pendiri Jet Propulsion Laboratory. Tapi sesungguhnya ia juga sibuk berlatih sulap dan menyebut dirinya Antikris. Ia tidak pernah mengenyam pendidikan formal tapi mampu mengembangkan bahan bakar roket dan sukses mengantarkan Amerika Serikat ke angkasa pada Perang Dunia II. Tragisnya, Parsons menembak dirinya sendiri sampai mati di laboratoriumnya tahun 1952.

6. Richard Feynman

Richard Feynman
Ia adalah bagian dari tim genius pengembang bom atom. Feynman menjadi salah satu ilmuwan terpenting di akhir abad ke-20. Selain dikenal sebagai profesor, ia juga suka mengeksplorasi musik, alam dan mempelajari hiroglif suku Maya.

7. Freeman Dyson

Freeman Dyson
Tahun 1960, Dyson menelurkan ide bahwa di masa depan manusia harus mendesain cangkang buatan yang dinamakan Dyson Sphere. Cangkang ini akan mengelilingi sistem tata surya dan menggunakan energi matahari secara maksimum. Saat itu ia dianggap sebagai pemimpi fiksi ilmiah. Ia juga yakin adanya kehidupan di planet lain. Menurutnya manusia akan berinteraksi dengan mahluk angkasa luar dalam beberapa dekade mendatang.

8. Robert Oppenheimer

Robert Oppenheimer

Dijuluki sebagai bapak bom atom, lelaki kelahiran 1904 ini juga memiliki pandangan politik sosialis. Ia punya ketertarikan khusus pada kultur Hindu dan bahasa Sansekerta dan Belanda. Oppie, begitu pangilan akrabnya, senang mengutip kitab Bhagavad Gita.

9. Wernher von Braun

Wernher von Braun

Di usia 12 tahun, Braun meledakkan gudang mainannya dengan kembang api. Dari situlah muncul ide mengembangkan roket. Akhirnya ia ditunjuk sebagai pempimpin program roket oleh Hitler. Ternyata ia juga meminati eksplorasi bulan dan antariksa. Di sela waktu luangnya Braun juga senang membaca filsafat dan sesekali bermain scuba diving.

10. Johann Konrad Dippel

Johann Konrad Dippel

Lahir dan besar di kastil Frankenstein, Jerman, Dippel dikenal sebagai penemu bahan kimia sintetis bernama Prussian Blue. Ia mengklaim pernah menciptakan cairan hidup abadi. Kabarnya, percobaannya itu terinspirasi oleh karakter yang sesuai dengan nama kastil tempat ia lahir, Franskenstein.

22 responses to “10 Ilmuwan Paling Jenius Sepanjang Masa

  1. hem… moga aku yang ke 11

  2. numpang lewat..salam kenal..

  3. trimakasih ya..
    ak jdi terinspirasi..

  4. bisa jadi sumber inspirasi buat kita supaya bisa jadi seperti mereka.

    mau ajakin tukeran link nih…
    link u dah gw pasang duluan di http://kaos-game.blogspot.com.pasang link gw juga ya…

    ini link yang mau gw pasang:
    link : http://kaos-game.blogspot.com/
    anchor text : jual kaos game

    terimakasih

  5. mereka semua pastinya pernah gak tidur 48 jam kali ya….

    aku jadi yang ke berapa ya….?

  6. sepp, link sudah dipasang balik🙂

  7. cuman tau nomor 1 ma 2 doank..😀

    itu nomor 7 ane kira Mr Bean.. hihihii

  8. Kebanyakan hanya berkutat didunia sains bom atom dan roket, apakah itu ilmu modern yang paling mutakhir di zaman sekarang ini?

    Sayangnya penemu islam tidak terekspos dengan baik. Dari semua itu, saya yakin tidak ada satupun yang bisa menandingi “Ibnu Sina”, karya-karyanya sangat luar biasa, lebih luar biasa dibanding menciptakan roket ataupun bom atom🙂

  9. eta 10 jelema nu diluhur pinterna sakumaha nya?

  10. andri seksi bukan atheis

    tapi ada loh orng keturunan arab yg hebebat,tentu ante pada tau semua,dari kehebatan 1 sampai 10, coba tebak

  11. permisi numpang lewat…tapi inpo yg bagus gan…..

  12. Ayo GiE diupdate! Btw, blog yang di .net sekarang kmana??

  13. AKU TAK PERCAYA MASA ALEXANDER GRAHAM BEELL TAK ADA KARENA DIA KITA ADA HP SEKARANG

  14. Yup, Thomas Alva Edison??bahkan gue pikir dia lebih gila

  15. James Lovelock

    jgn smpai ada kematian massal terhadap 80 persen umat manusia. .

  16. sepertinya org2 jenius ini alien2 yg menyamar jadi manusia, lihat tuh bentuk2 fisiknya pada nyeleneh semua seperti di film “men in black” wkwkwkwk

  17. wah saya jg mau masuk urutan orng jenius d.. Tp mw nyiptain ap ya?? Waduh.. Malah nge-blank nih..

  18. sip sip sip..

  19. aku bisa geser einstein………………………………..

  20. daftarnya agak ngaco, banyak ilmuwan modern. ilmuwan-ilmuwan terbaik itu harusnya ilmuwan yang merubah cara pikir dunia. contohnya Isaac Newton, Galileo Galilei, Aristotles, Archimedes, Copernicus, Michael Faraday, Marie Curie. Nikola Tesla lebih dibilang penemu daripada ilmuwan. Semua dari nomor 4-10 itu kurang bisa dibilang sebagai yang terhebat…………….

  21. makasih banyak atas infonya ……

  22. menurut gw Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī lebih cocok berada diposisi 1 menggeser einsten dan Al Battani adalah termasuk ilmuwan terhebat, dan Toteles kok gak ada di daftar? 3 kebawah gak cocok disebut ilmuwan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s