5 Cara Asyik Merayakan Hari Bumi!

Tahukah kamu, hari ini tanggal 22 April 2011, seluruh dunia sedang merayakan Hari Bumi. Apa tuh? Ya itu satu hari dimana hari ini dikhususkan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi kita terhadap planet yang ditinggali oleh manusia yaitu bumi.

Lalu, apa aja sih kira-kira yang bisa kita lakukan untuk merayakan hari Bumi ini? Hm… Banyak sih! Tapi disini saya akan memaparkan sedikit hal-hal kecil dan sederhana yang bisa kita lakukan di rumah untuk merayakan hari Bumi.

#1 Membersihkan Tempat Tinggal

Melihat rumah tempat tinggal kita atau kamar kita sendiri yang berantakan oleh perabotan, pakaian, alat tulis, sampah makanan, dan semacamnya terkadang muncul rasa malas atau enggan untuk membersihkan ‘kekacauan’ tersebut saat itu juga. Sukanya ditunda-tunda melulu, tapi mumpung sekarang hari Bumi, ayo dong semangat bersih-bersihnya! ^_^

#2 Mengajari Anak-anak

Sekali-kali bolehlah kita ajarkan anak-anak untuk memperhatikan alam sekitarnya. Mulai dari hal-hal kecil, seperti menyuruh anak untuk menjaga kebersihan dirinya, menjaga kebersihan lingkungan – contoh; menyapu sampah di rumah, buang sampah pada tempatnya, dll.

Earth Day

Earth Day

Jangan lupa juga untuk selalu memperkaya pengetahuan dan wawasan kita sendiri tentang lingkungan hidup dan bumi. Update perkembangan informasi terbaru soal Bumi, biar nggak ketinggalan jaman. Hehe…

#3 Mengelola Sampah

Ayo siapa yang tahu perbedaan antara sampah organik dan sampah anorganik? Saya yakin sebagian besar ada belum tahu, atau belum hapal di luar kepala tentang perbedaan ini. Padahal sebenernya tidak sulit untuk mengetahui perbedaan antara sampah anorganik dan sampah organik.

Sampah Anorganik

Biasanya memiliki fisik yang keras/padat, seperti potongan-potongan atau pelat-pelat yang terbuat dari logam, berbagai jenis batu-batuan, pecahan-pecahan gelas, tulang-belulang, dan lain-lain.

Sampah Organik

  • Plastik
    Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan disertai berkembangnya Industri, maka banyak barang-barang atau peralatan yang dibuat dari bahan plastik. Nah bahan-bahan yang terbuat oleh plastik ini termasuk sampah organik.
  • Non-Plastik
    Sampah organik yang bukan terbuat dari plastik banyak sekali macamnya, misal: kayu, kertas, bekas pakaian, karet, sisa-sisa daging, dana lain-lain. Semua sampah zat organic dapat diuraikan oleh mikroba-mikroba hingga menjadi bahan mineral. Bahan mineral mineral hasil penguraian ini dimanfaatkan untuk pupuk.

#4 Tanam Pohon atau Tanaman

Melihat situasi dan cuaca bumi saat ini yang nggak karuan, karena efek pemanasan global atau Global Warning. Bumi seperti kesusahan untuk bernafas, karena pohon-pohon yang dimanfaatkan bumi sebagai ‘paru-paru’nya kian hari kian menipis. Nggak heran di berbagai daerah di dunia terdapat cuaca ekstrim, entah panas atau dingin. Yang jelas cuacanya ekstrim! Yah contohnya seperti di Indonesia sekarang ini, kan.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Sederhana aja. Tanam pohon atau tanaman di lingkungan sekitar kita. Sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali.🙂

#5 Jalan-jalan ke taman!

Stop melototin dunia maya di depan komputer. Pergilah jalan-jalan keluar, ke taman yang penuh dengan tanaman hijau dan pepohonan. Hirup napas segarnya, tonton bebek berenang di kolam atau simak burung yang terbang kesana-kemari sambil berkicau riang.

Merayakan hari Bumi nggak selalu harus dengan merubah kebiasaan diri kita, dan mengabaikan apa yang seharusnya kamu nikmati dari lingkungan sekitarmu.

Nikmati hari yang indah di luar, dan simaklah bagaimana bumi menampilkan pemandangannya yang mempesona dan membuat badan kita sehat dengan udaranya. Kita nggak bisa dapet kesempatan setiap hari jalan-jalan ke taman atau ke tempat hijau lainnya. So, ketika kamu menyadari kesempatan itu hilang, saya yakin kamu akan menyesal!

Selamat hari Bumi! ^_^

4 responses to “5 Cara Asyik Merayakan Hari Bumi!

  1. Amankan pertamaxxx dulu yah. Cieee.. Update blog lagi nih yeee.. ^^v

  2. makasih atas infonya.

    blognya sanget berguna untuk saya.

  3. Wah, selamat hari bumi ya. Link https://twitter.com/#!/MyVamily juga sedang bahas hari bumi lho…

    28 April akan terbit buku “Indahnya Jadi Ibu” ada cerita dan kisah seru dari 9 narasumber dan keluarganya, seperti Memes, Mona Ratuliu, Donna Agnesia, Alissa Wahid, Yuanita Rohali, Astri Nugraha, Alia Jumhur Hidayat, Melanie Putria, dan Jana Parengkuan
    Yuk ramai2 datang, ada Booklaunch, Talkshow dan Booksigning. Beli dan dapatkan bukunya, masa pre order harga lebih murah, bebas ongkos kirim utk pengiriman p.jawa dan berkesempatan utk dapat tiket gratis booklaunch.

    28 April di Atrium giggle FX Senayan jam 14.00
    Dapatkan bukunya lebih dulu di Pre order yg dibuka SENIN (23 april) jam 08 pagi. Follow twitter @MyVamily utk info lengkapnya: https://twitter.com/#!/MyVamily

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s